Notification

×

Iklan

Iklan

Siap-Siap, Pelayanan PMI/TKI di Disnaker Lotim Akan Segera Dibuka

Friday, June 19, 2020 | June 19, 2020 WIB Last Updated 2021-04-29T18:54:24Z


Foto: Moh.Hirsan S.AP selaku Kepala Bidang PPTK Disnakertrans Lotim (Jum'at, 19/06/2020)

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Menghadapi kondisi New Normal di Kabupaten Lombok Timur, instruksi Pemerintah Daerah agar semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) bersiap-siap menghadapi situasi kenormalan baru tersebut. Tak terkecuali Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur

Adapun dari kementerian Keterenagakerjaan  R.I., yang membidangi Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja  (P2TKPK) telah menerbitkan surat instruksi dengan Nomor B-3/15616/PK.02.03/VI/2020 kepada seluruh Pemerintah Daerah ataupun Kota terkait dengan kelanjutan dari Penempatan Pekerja Migran Indonesia/Tenaga Kerja Indonesia (PMI/TKI) di masa New Normal.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang PPTK Moh.Hirsan S.AP mengakui bahwa surat tersebut telah dilayangkan pada dari Selasa, 16 Juni 2020 kemarin di Disnakertrans Lotim. “Dari pusat kami telah menerima surat instruksi yang di tujukan kepada bidang ketenagakerjaan mengenai akan dibukanya kembali proses kepengurusan PMI/TKI ini”, ungkapnya.

Hal tersebut langsung di respon  sigap oleh Disnakertrans Lotim, dengan langsung berkoordinasi bersama Bupati Lotim dan Sekda (Sekretaris Daerah) selaku ketua dan sekretaris tim gugus tugas Covid-19 Lotim. Untuk melanjutkan agar langkah-langkah apa saja yang bisa diambil nantinya dalam kondisi seperti saat ini

“Kemarin langsung kami menghadap kepada Pak Bupati dan Pak Sekda, akan tetapi karena ada agenda rapat beliau disana untuk itulah kami dijadwalkan hari senin tanggal 22 besok, untuk rapat koordinasi terkait keberlanjutan pelayanan di Disnakertrans Lotim ini”, tandasnya, saat ditemui di ruangnnya, Jum'at (19/06/20)

Ia juga menegaskan bahwa, dari Disnakertrans Lotim sendiri sudah siap jika pelayanan kembali akan dibuka lagi dengan syarat diharuskannya mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan dari Pemerintah. “Secara tugas kedinasan dalam bidang ini kami siap dan menyatakan Dinas Tenaga Kerja sangat siap untuk New Normal ini, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diajurkan dari Pemerintah”, tegasnya

Dengan adanya pernyataan dari pihak Disnakertrans Lotim tersebut juga disambut hangat oleh P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia) atau biasanya di kenal dengan PJTKI khususnya di wilayah Lotim.

“Saya harapkan juga mudah-mudahan Disnaker Lotim bisa secepatnya membuka pelayanan kembali, karena melihat kondisi saat ini lumayan banyak CPMI/CTKI yang ingin memproses keberangkatannya ke Luar Negeri untuk bekerja”, harap Ramli selaku Pimpinan PT Primadaya Pratama Pandukarya Kab. Lombok Timur.

Ia juga menambahkan jika Disnakertrans tidak membuka pelayanan untuk jangka panjang, hal yang ditakutkan akan bisa menambah angka pengangguran dan kemisikinan di Lotim karena salah satu mata pencaharian mayoritas masyarakat Lombok yakni dengan bekerja di Luar Negeri

“Dampak yang bisa dilihat langsung saat sekarang ini di tengah-tengah masyarakat, pekerja banyak yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) ataupun di rumahkan karena selain karena dampak Covid-19, juga karena mereka ingin bekerja di Luar Negeri tapi tidak bisa berangkat”, uangkapnya. (SN-06)

×
Berita Terbaru Update