Notification

×

Iklan

Iklan

LSM NTB Tanggapi Beragam Terbitnya Izin Retail Modern di Lombok Timur

Friday, July 10, 2020 | July 10, 2020 WIB Last Updated 2021-04-20T13:15:12Z
Foto: Ilustrasi Alfamart (Doc. Google.com)

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Berawal dari beredarnya surat izin retail modern sebanyak 30 titik ditanggapi beragam oleh Lembaga Swadaya Masyarakat di NTB. Salah satunya datang dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) NTB, Arif Rahman Maladi koordinator bidang ekonomi kreatif BPD HIPMI NTB meminta Pemda Lombok Timur segera mengambil kebijakan terkait kerjasama dengan retail modern.

"Kami berharap Pemda Lotim untuk segera mengambil langkah strategis dalam memperkuat kemitraan dengan ritel modern di Lombok timur, perlu ada MoU dengan ritel modern agar produk produk UMKM di Lombok Timur bisa diakomodir dan dipasarkan di sana," ucapnya.

Arif juga menjelaskan bahwa, keberadaan ritel saat ini bisa memperkuat keberadaan pengusaha pengusaha industri ekonomi kreatif, untuk bisa memasarkan produknya. 

“Keberadaan retail modern ini kan bisa memperkuat UMKM, jika itu tidak dapat diwujudkan, dan kalau mereka tidak mau, silahkan angkat kaki dari Lombok Timur, bebernya melalui rilis yang dikirim kepada media ini, Jumat 10/07/2020.

Berbeda dengan Arif, Karomi ketua LK2T Lombok Timur menyatakan bahwa keberadaan retail modern ini akan menjadi momok diwarga. Pasalnya, Tahun lalu Bupati Sukiman pernah pidato dengan nada optimis dan berapi-api, tidak akan memberikan izin terhadap retail modern baik Alfamart dan Indomaret

“Ini akan menjadi bola liar dimasyarakat Lombok Timur, karena dulu pak Bupati kan pernah pidato mengenai retail modern ini, nah sekarang malah terbit izin yang cukup banyak, ini ada apa, besok pasti Bupati dianggap tidak konsisten terhadap kata-katanya sendiri” ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Taupik Hidayat (KOREKSI NTB) justru meminta semua pihak agar menyetop isu liar mengenai ritel modern tersebut.

Kami memiliki kajian sosial ekonomi didukung data yang valid bahwa belum pernah ada kios yang gulung tikar akibat berdirinya ritel modern, tetapi sebaliknya dengan hadirnya ritel modern, banyak memberikan manfaat kepada masyarakat, baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok, penyerapan tenaga kerja dan menggeliatnya bisnis UMKM dengan lapak-lapak baru di area ritel modern.  tegasnya (SN.01)
×
Berita Terbaru Update