Notification

×

Iklan

Iklan

Pemdes Senanggalih: Produktifitas Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19, Harus Tetap Dijaga

Friday, July 31, 2020 | July 31, 2020 WIB Last Updated 2021-04-15T10:46:09Z
Foto: Sugita Jiwantara, Sekdes Senanggalih


Lombok timur, selaparangnews.com - Pemerintah Desa Senanggalih Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur terus berupaya mendorong produktifitas warganya ditengah Pandemi Covid-19, tak tanggung-tanggung, tahun anggaran 2021, Pemdes Senanggalih menyiapkan sepasang kambing untuk membangkitkan ekonomi warga, khususnya dikalangan peternak.

Sugita Jiwantara, Pemdes Senanggalih memaparkan jika Covid-19 membuat usaha dan penghasilan warganya menurun drastis, sehingga harus ada jalan keluar dan inovasi dari Pemdes, dalam mendorong kreatifitas dan Produktifitas warganya. "Saya kira semua desa dan wilayah dibelahan dunia merasakan dampak Covid-19, tak terkecuali kami disini, sehingga kami dari  pemerintah desa, harus berfikir keras, memunculkan inovasi dalam mendorong warga untuk terus kreatif dan produktif" bebernya, Jumat, 31/07/2020

Gitok panggilan akrabnya, kembali menyampaikan, Desa Senanggalih memiliki jumlah penduduk 700 an KK, rerata warganya cukup kreatif, seperti halnya Kelompok Wanita Tani (KWT) Aik Embuk yg ada di Desa tersebut, menjadi salah satu peserta dalam Lomba desa Tingkat Kabupaten. "Kalau sumberdaya disini insyallah banyak, dengan 700an KK ini, saya sampaikan Desa Senanggalih ini cukup potensial dan kaya sumberdaya manusia, seperti Kelompok Usaha Tani, yg sedang menggeliat, dengan tanaman Hidroponik ya".

Ia melanjutkan, dengan limpahan Sumberdaya manusia yang dimiliki Senanggalih, tidak akan sulit untuk menjadi desa berkembang bahkan desa maju, hanya saja, semenjak Pandemi Covid-19 ini melanda, perencanaan yg cukup bagus harus disesuaikan dengan kondisi sekarang, sehingga tentu kami harus memutar otak kembali. 


Masih kata Gitok, meski saat Pandemi, pemdes terus memberikan support dan semangat untuk warganya agar terus produktif bahkan pada saat krisis sekalipun, dan kini Pemdes sudah menyiapkan perangkatnya, baik untuk meningkatkan produktifitas  KWT, Bumdes, UMKM, dan para peternak.

"sumberdaya manusia kami sangat banyak, hanya saja Pandemi covid-19 ini menjadi kendala untuk kita berinovasi, tapi walau demikian, kami terus mendorong warga, memberikan apa yang bisa kami berikan yang penting mereka bisa produktif, walaupun kondisi seperti saat ini, dan alhamdulillaah kini kami dari Pemerintah Desa sudah membicarakan dan menjalankan upaya untuk membangkitkan ekonomi warga, sepeti halnya Ternak, KWT, UMKM dan sebagainya. (CR.SN-09)
×
Berita Terbaru Update