Notification

×

Iklan

Iklan

Canangkan Jadi Penyangga KEK Mandalika, Wabup Lotim Kembali Sambangi Pantai Ekas

Monday, October 26, 2020 | October 26, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T16:44:48Z

Lombok Timur. Selaparangnews.com – Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi SJ. S.H., kembali mendatangi Pantai Ekas dan sejumlah pantai yang ada di sekitarnya. Beberapa di antaranya ialah Pantai Semangkok, Pantai Segui dan Gili Lemerang.

Kedatangan Wabup untuk kedua kalinya itu menandakan bahwa pemkab Lotim serius dalam mengembangkan Ekas menjadi kawasan pariwisata, yang dicanangkan akan menjadi penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, utamanya dalam menyambut perhelatan MotoGP pada tahun 2021 mendatang.

Dengan menggunakan perahu, H. Rumaksi mendatangi tiga destinasi wisata yang ada di kawasan Ekas, dengan tujuan untuk memastikan peta penataan kawasan itu. Berdasarkan keterangannya, penataan kawasan tersebut akan dilakukan secara integral antar titik-titik potensial yang ada di sana.

Di Gili Lemerang, selain meninjau dan memastikan potensi yang ada di tempat itu, H. Rumaksi yang ditemani juga oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan juga menyuplai air bersih bagi nelayan di tempat itu. Karena Gili Lemerang sejak dulu dijadikan sebagai lokasi transit bagi nelayan selatan.

"Yaa kita kunjungi pertama kali Gili Lemerang, kita lihat potensi di sana. Kita liat potensinya tadi, dan sangat luarbiasa sekali. Kita tadi juga dengan Pak Kabid mendistribusikan air bersih ke warga kita yang jadi nelayan, karena mereka transit sekaligus menetap di sana. Jadinya air bersih sangat-sangat dibutuhkan oleh mereka," katanya, Senin 26/10/2020.

Dia menegaskan bahwa Gili Lemerang sangat berpotensi untuk dikembangkan, karena pola tata ruang kawasan Ekas nantinya akan terintegrasi antara titik-titik sekitarnya.

"Kalau sudah berkembang nanti Ekas ini kita pastikan terintegrasi dengan Gili Lemerang ini, makanya kita petakan dan tinjau langsung potensinya," tegasnya.

Setelah mendatangi Gili Lemerang, H. Rumaksi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Pantai Semangkok. Setiba di tempat itu, Ia tampak optimis dan menegaskan kembali jika dirinya akan berupaya maksimal untuk mendatangkan investor yang sebenarnya sudah ada komunikasi sejak awal terkait hal itu.

"Saya optimis jika pembangunan di kawasan ini akan berhasil. Intinya kita akan berupaya untuk datangkan investor, tapi ingat kita tidak boleh jadi penonton. Kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat yang paling utama. Saya lihat peta lokasi, kita akan upayakan datangkan investor. Sebenarnya kemarin sudah ada komunikasi dan mau datang berinvestasi mereka," tegasnya.

Hal senada juga ditegaskannya, ketika mengunjungi Pantai Segui, bahkan di perahu yang ditumpanginya, Ia menegaskan kembali tekadnya untuk membangun pariwisata di kawasan tersebut.

"Pokoknya kita harus maksimalkan pembangunan di Ekas ini, saya yakin jika kita perkuat infrastruktur, limpahan wisatawan di ajang MotoGP itu akan datang ke tempat kita," katanya.

Seusai melakukan kunjungan kerja di tiga tempat itu, Wabup meninggalkan lokasi tersebut, namun ternyata dirinya masih terkesan dengan potensi pariwisata selatan. Buktinya ketika hendak kembali ke Kota Selong, secara mendadak dirinya mengalihkan perjalanan dan mengunjugi lesehan terapung yang terletak di Desa Pare Mas.

Di saat menyantap hidangan di tempat itu, dirinya melanjutkan harapan dan visinya dalam membangun pariwisata selatan, khususnya di kawasan Ekas.

"Kawasan selatan ini memang luar biasa. Kita saja yang lokal seakan tidak mau meninggalkannya. Kalau bisa dikembangkan, ini kedepan sangat luar biasa. Pokoknya kita harus siapkan infrastruktur, utamanya akses jalan," harapnya. (SN-Red)

×
Berita Terbaru Update