Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur NTB Pastikan Pembangunan Sarpras Mandalika Rampung Jelang MotoGP

Saturday, May 29, 2021 | May 29, 2021 WIB Last Updated 2022-05-26T04:46:37Z


 

Jakarta, Selaparangnews.com - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah memastikan segala bentuk pembangunan sarana-prasarana, khususnya untuk mensukseskan event internasional MotoGP pada tahun 2022 mendatang akan dituntaskan oleh Pemerintah Pusat, yakni Kementerian Perhubungan. 


"Alhamdulillah, Kementerian Perhubungan mendukung penuh pengembangan DPSP Mandalika, terutama memastikan terpenuhinya kebutuhan konektifitas darat, laut dan udara dalam rangka mendukung perhelatan MotoGP," jelas Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah usai Rapat bersama Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI, Kamis, 27/05/2021, di Kantor Kementerian Perhubungan, di Jakarta.


Jemput bola yang dilakukan Gubernur NTB  ke Jakarta membawa banyak kabar bahagia. Asisten II Setda Provinsi NTB, Ridwansyah yang mendampingi Gubernur juga optimis bahwa kerja - kerja yang di ikhtiarkan Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten /kota di NTB mendapat respon yang positif dari Pemerintah Pusat. 


"Kementerian Perhubungan akan mendukung NTB pada Pembangunan infrastruktur transportasi dan fasilitas keselamatan jalan pendukung DPSP Mandalika, Percepatan penyerahan Pengalihan Personil, Pembiayaan Sarana, dan Prasarana, Serta Dokumen (P3D) 5 Pelabuhan Regional dan Revitalisasi  Pelabuhan Telong-Elong," jelas Ridwansyah melalui sambungan telepon. 


Selain itu, Ridwansyah juga menjelaskan bahwa Kemenhub juga akan mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi darat dan fasilitas keselamatan jalan pendukung di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. 


Tidak hanya itu, Kemenhub juga akan mendampingi pengembangan manajemen rekayasa lalulintas dan fasilitas keselamatan transportasi ketika event MotoGP  diselenggarakan.


"Pembangunan konektifitas udara yang difokuskan pada perpanjangan runway dan perluasan terminal Bandara Internasional Zainudin Abdul Majdi (BIZAM) yang dikembangkan oleh Angkasa Pura ditargetkan selesai Agustus tahun ini" jelas mantan Kepala Bappeda NTB ini. 


"Begitu juga pembangunan fasilitas keselamatan jalan dan alat angkut berupa bus-bus penumpang sedang disiapkan. InsyaAllah akan dicarikan dananya tahun ini dan sisanya tahun 2022 sehingga ketika MotoGP dilaksanakan pada bulan Maret tahun depan semuanya sudah siap," harap Ridwansyah. 


Selain itu, pengembangan infrastruktur laut dengan mempercepat penyerahan Pengalihan Personil, Pembiayaan Sarana, dan Prasarana, Serta Dokumen (P3D) di 5 Pelabuhan Regional. 


Di sisi lain, pembangunan sarana perhubungan laut khususnya di dermaga Gili Mas sudah mulai beroperasi. Dermaga pelabuhan Gili Mas juga sudah dikembangkan tahun lalu untuk kapal-kapal  pesiar Cruise ukuran besar yang bisa juga dijadikan hotel terapung bagi ribuan penonton MotoGP.


"Kalau laut relatif sudah cukup. terutama lintas penyeberangan dari Jawa dan Bali ke Lombok," tutup Ridwansyah. 


Kepala Dinas Kominfotik Prov NTB Dr. Najamuddin Amy, S. Sos, MM juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat atas  dukungan yang luar biasa kepada NTB. Terutama dalam mendukung pengembangan fasilitas penunjang untuk mensukseskan perhelatan MotoGP. 


"Event internasional MotoGP ini bukan hanya milik masyarakat NTB, tetapi milik seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga dukungan semua pihak sangat diharapkan untuk sama-sama mensukseskannya," ucap Najam. (SN) 

×
Berita Terbaru Update