Notification

×

Iklan

Iklan

Tiga Pekan Terdampar di Teluk Seriwe-Jerowaru, Pasutri Asal Jerman Ini Bisa Pulang Kampung

Tuesday, October 12, 2021 | October 12, 2021 WIB Last Updated 2021-10-12T10:41:40Z

Pasutri asal Jerman bersama Zainal, Salah satu Kepala Dusun yang mengurus keperluannya selama di Seriwe-Jerowaru

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Setelah melalui proses yang cukup panjang selama hampir 3 minggu, akhirnya pasangan suami-isteri, Mr. Andreas Stefan Gideon Wallenberg dan Malvina Penaloza Pineda De Jud, yang terdampar di Teluk Seriwe, akhirnya bisa pulang ke negaranya, pada Selasa, 12 Oktober 2021.


Kepulangan pasutri bule Jerman itu diantar Zainal, salah satu kepala dusun di Desa Seriwe. Dialah yang menjadi penghubung atau mengurus keperluan bule tersebut, termasuk berkas untuk kepulangan Pasutri itu.


"Tadi pagi jam 10.00 Wita, saya antar ke Bandara Internasional Lombok, setelah sehari sebelumnya melakukan PCR," kata Zainal yang juga pelaut itu. Selasa, 12/10/2021.


Zainal juga menuturkan untuk melengkapi berkas pemulangan, dia menyerahkan surat pernyataan jaminan ke Imigrasi untuk penerbitan Exit Pass.


"Saya diminta datang hari ini untuk menyerahkan surat pernyataan jaminan kepala wilayah untuk persyaratan penerbitan exit pass (pengganti visa - Red) untuk kepulangan Mr Andreas dan istrinya," kata Zainal yang datang bersama temannya Buniamin.


Setelah menyerahkan surat jaminan, lanjutnya, katanya sedang terjadi perbaikan jaringan sehingga ada gangguan pelayanan keimigrasian.


"Sejak hari Kamis, dari Ditjen Imigrasi dan melalui medsos kami telah  menginfomasikan kepada masyarakat terkait sistem yang down terkait perbaikan jaringan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram melalui Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, Putu Agus Eka Putra.


Agus Eka Putra juga belum bisa memperkirakan kapan jaringan bisa normal. "Belum ada estimasi normal pak?, hingga saat ini masih belum," kata dia. 


Namun beberapa jam setelah menyerahkan surat jaminan pada sore harinya, Zainal mendapat kabar menyenangkan dari pihak Imigrasi kalau Pasutri itu boleh pulang kampung.


"Alhamdulillah Pak Husni dari Imigrasi sudah menyuruh PCR, besok Selasa (hari ini -red) bisa diambil hasilnya sekitarjam 12.00 Wita. Terbang ke Jakarta pukul 14.40 Wita. Jadi hari ini, sekitar jam 10.00 pagi saya harus siap-siap ke bandara Internasional Lombok mengantarkan Mr Andreas dan istrinya," kata Zainal.


Sebelum terbang ke negaranya melalui Zainal yang juga menjadi penerjemahnya Mr Andreas Stefan Gideon Wallenberg, bule Jerman dan Malvina Penaloza Pineda De Jud mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak sehingga dia bisa pulang ke negaranya.


"Mr Andreas dan istrinya didampingi dua orang dari Imigrasi Kelas I TPI Mataram mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk teman-teman media," kata Zainal.


Sebagai informasi bahwa dua Minggu yang lalu, tepatnya 23 September 2021, pasangan suami isteri berkebangsaan Jerman tersebut terdampar di Teluk Seriwe, Kecamatan Jerowaru, akibat kapal yactnya mengalami kerusakan.  (SN)

×
Berita Terbaru Update