Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Sukiman Mengaku Miris Dengan Perkembangan Kesenian di Daerah

Monday, January 17, 2022 | January 17, 2022 WIB Last Updated 2022-01-17T06:40:42Z

HM. Sukiman Azmy, Bupati Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Iswan Rakhmadi menerima kunjungan silaturrahmi Ketua DPD Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj. Maskahyangan beserta jajaran pengurus, di ruang rapat Bupati, Senin, 17 Januari 2022.


Kepada Ketua PAPPRI dan rombongan mengaku, Bupati Sukiman mengaku miris melihat perkembangan salah satu kesenian daerah yaitu Jangger di masa sekarang. 


Menurutnya Jangger di daerah ini sudah dipengaruhi budaya asing yang tidak sejalan dengan norma dan adat masyarakat sasak. 


"Hal itu tidak sejalan dengan sebutan pulau seribu masjid yang disandang Lombok," ujarnya. 


Bupati juga meminta agar PAPPRI bekerja sama dengan badan usaha atau lembaga non profit guna mengembangkan kreasi dan aktivitas para seniman musik di daerah ini. 


Ia berharap adanya musik yang membangkitkan semangat, tidak melulu melankolis seperti kebanyakan musik sasak saat ini. 


Bupati menilai musik dan lagu yang ada sekarang menggambarkan masyarakat sasak sebagai bangsa yang sedih.


“Saya belum menemukan lagu Sasak yang membangkitkan semangat kita,” ungkapnya.


Harapannya, PAPPRI dapat mendorong para musisi menciptakan lagu-lagu semangat, lagu-lagu yang tidak menyesali masa lalu dan meratapi keadaannya, melainkan lagu yang mampu mengedukasi masyarakat dan membangkitkan semangat.


Kunjungan Ketua PAPPRI dan rombongan, selain untuk memperkenalkan PAPPRI, sekaligus berharap Bupati dapat mengukuhkan 10 anggota PAPPRI Lombok Timur sesegara mungkin. 


.Hal itu sebagai bagian dari persiapan, mengingat PAPPRI akan menjadi tuan rumah peringatan hari musik nasional dan MUNAS PAPPRI ke–8 yang akan diadakan di Mandalika Maret mendatang.


“Untuk itu kami mohon agar Bupati berkenan melantik 10 anggota karena sudah diamanatkan untuk menjadi tuan rumah hari musik nasional dan munas PAPPRI ke-8 yang diadakan di Mandalika. Kami sudah menerima rekomendasi dari Gubernur untuk menindaklanjuti hal itu,” kata Hj. Maskahyangan. (SN) 

×
Berita Terbaru Update