Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Unram Ini Lepas Ribuan Benih Ikan di Bendungan Embung Raja

Tuesday, July 26, 2022 | July 26, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T10:37:11Z

Pelepasan ribuan benih ikan oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram di Bendungan Embung Raja, Desa Embung Raja, Kecamatan Terara, Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Kelompok KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) bersama pemerintah Desa setempat melepas ribuan benih ikan di Bendungan Embung Raja, Desa Embung Raja, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur. Selasa,(26/07/2022).

Ketua Kelompok KKN Tematik Unram Anil Pasya At Ghifari menyebutkan bahwa ada sekitar 10.000 benih ikan telah dilepas di bendungan tersebut.

Tak hanya dihadiri Pemerintah Desa Embung Raja, lanjutnya, acara pelepasan tersebut juga diikuti oleh para pembudidaya ikan yang ada di bendungan itu.

"Untuk benih ikan kami peroleh dari Kantor Balai Benih Ikan Lenek, sebelumnya kami telah mengajukan permohonan permintaan benih ikan di Mataram," ujarnya.

Adapun jenis benih ikan yang didapatkan kemudian dilepaskan di bendungan Embung Raja itu bermacam-macam, mulai dari ikan nila, ikan tawes, dan lainnya. 

Ia menjelaskan, kegiatan pelepasan benih ikan tersebut merupakan salah satu dari program kerja tambahan dari Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Desa Embung Raja. 

"Program ini kami usung karena kami melihat adanya potensi yang baik ke depannya jika benih ikan tersebut dilepaskan di Bendungan Embung Raja," ucapnya.

Masyarakat sekitar, terutama para pembudidaya, kata Anil, sangat antusias dengan kegiatan pelepasan ikan tersebut.

Pasalnya, menurut dia, semakin lama populasi ikan di bendungan tersebut semakin berkurang. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini masyarakat berharap benih ikan ini dapat meningkatkan penghasilan mereka nantinya. 

"Apalagi melihat potensi para ibu PKK yang berniat melanjutkan usaha Abon Ikan ke depannya sehingga dengan adanya benih ikan tersebut para ibu PKK tidak perlu repot-repot untuk mencari bahan baku dari luar," jelasnya. 

Sejalan dengan ini, pihaknya juga berharap benih ikan tersebut dapat dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Untuk tujuan itu, mereka juga membuat plang “Dilarang Memancing” sebagai peringatan bahwa untuk sementara waktu agar benih ikan yang dilepaskan dapat tumbuh dengan baik. 

"Kami juga bekerjasama dengan para pembudidaya ikan untuk saling mengingatkan masyarakat sekitar agar menjaga kebersihan di bendungan Embung Raja," ucapnya seraya mengatakan bahwa masyarakat setempat berharap program kerja seperti ini dapat dilanjutkan oleh kelompok KKN berikutnya yang mengambil lokasi di sana. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update