Notification

×

Iklan

Iklan

RSUD Tipe D Pratama di Kecamatan Suela Mulai Dibangun

Wednesday, July 13, 2022 | July 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T11:41:42Z

Peletakan Batu Pertama pembangunan RSUD Tipe D Pratama di Sekitar Kebun Raya Lemor, Kecamatan Suela Lombok Timur oleh Bupati HM. Sukiman Azmy

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur memulai pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Pratama di Kecamatan Suela. Rabu, (13/07/2022). Hal itu dilakukan guna lebih mendekatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan.

Keberadaan RSUD tersebut menambah jumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Lombok Timur, yaitu 35 Puskesmas, 81 Pustu, 239 Poskesdes,  dan 7 unit Rumah Sakit.

Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy dalam sambutannya menyebutkan bahwa pembangunan RSUD ini sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya usia harapan hidup (UHH) Lombok Timur yang saat ini terendah di NTB. 

"Kita berharap dengan semakin banyaknya fasilitas kesehatan di Kabupaten Lombok Timur akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat," ujarnya. 

Bupati menjelaskan, Pemerintah Daerah terus berupaya mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat. Terbukti dengan jumlah RSUD di Lombok Timur yang terus bertambah.

"Diawali dengan Rumah Sakit Lombok Timur di Labuhan Haji pada 2019, Rumah Sakit Patuh Karya di Keruak pada 2021 dan tahun 2022 RSUD Tipe D Pratama di Suela yang tengah dibangun ini," papar Bupati. 

Bupati kemudian merunut latar belakang dipilihnya Suela sebagai lokasi pembangunan. Sebelumnya, jelas Bupati, RSUD ini akan dibangun di Aikmel. Akan tetapi karena persyaratan jarak yang ditentukan Kementerian Kesehatan tidak terpenuhi maka diajukan alternatif lokasi, yaitu Suela dan Pringgabaya. "Akhirnya Suela yang mendapatkan persetujuan," imbuhnya. 

Rumah Sakit ini, kata Bupati, nantinya akan melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Sembalun, Pringgabaya, Wanasaba, Suela, dan Aikmel. Rencana ke depan RSUD ini akan ditingkatkan lagi menjadi RSUD Pariwisata, mengingat posisinya yang strategis di daerah wisata.

Kepada kontraktor PT Adi Jaya Beton (KSO) Bupati berharap agar pembangunan RSUD ini dikerjakan dengan baik dan selesai tepat waktu.

PT Adi Jaya Beton (KSO) memenangkan proses lelang untuk pengerjaan RSUD  dengan waktu pengerjaan 165 hari kerja terhitung 4 Juli sampai dengan 15 Desember 2022 mendatang. (SN) 

×
Berita Terbaru Update