Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Sukiman Kukuhkan Tim Andalan Kebersihan Kota Selong, Ini Tugasnya

Tuesday, August 2, 2022 | August 02, 2022 WIB Last Updated 2022-08-02T12:28:47Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy (kanan) mengukuh Tim Andalan Kebersihan Kota Selong. (Sumber: Humas dan PKP Lotim) 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Bupati Kabupaten Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengukuhkan sebanyak 50 orang Tim Andalan Kebersihan kota Selong. Selasa (02/08/2022). 

Tim Andalan Kebersihan itu nantinya bertugas melakukan penyisiran sampah dari pagi sampai sore dan menjaga tempat-tempat sampah yang rawan agar masyarakat tidak membuang sampah. 

Tim tersebut dibagi menjadi dua, pertama berjumlah 40 orang yang bertugas sebagai penyapu jalan mulai dari pukul 4.30 sampai dengan 7 pagi dan dilanjutkan pada pukul 4 sore. Sementara 10 orang lainnya membantu atau sebagai anak buah kendaraan pengangkut sampah.

Bupati dalam sambutannya menekankan lima poin penting yang harus diwujudkan Tim Andalan Kebersihan tersebut, yaitu kebersihan, keindahan, keasrian, kehijauan, dan kenyamanan.

Bupati memberikan penegasan lagi pada tiga hal yaitu Pertama, kebersihan. Bupati tidak berharap menemukan sampah di sepanjang jalan. "Artinya, kebersihan kota itu benar-benar terjaga dengan baik," ucapnya.

Kedua adalah keindahan. Disebutnya indah itu dapat diperoleh jika semua ruas jalan dapat dihijaukan dengan tanaman. Ia memerintahkan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) untuk menghijaukan jalan depan masjid At-Taqwa Pancor sampai dengan perempatan jalan Diponegoro. 

“Belum ada tanaman di sekitar tempat itu karena hanya ditumbuhi rumput liar dan semak,” ungkapnya. Ia menilai jika semua tempat sudah bersih namun tidak ditanam pohon, maka kota ini tidak akan menjadi indah.

Keasrian adalah penekanan berikutnya. Ia mengingatkan agar membuat kota Selong jadi lebih asri dan indah. Disebutnya asri itu bisa tercapai jika keindahan dan kebersihan itu bisa dipelihara dengan baik sepanjang waktu. “Tugas kalianlah yang 50 (anggota) Tim Andalan ini menjadikan kota ini bersih,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan supaya para penyapu tidak mengumpulkan sampah di parit atau saluran air tertutup. Ia tidak ingin melihat lubang-lubang parit penuh tumpukan sampah yang akan menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Bupati berharap tim andalan kebersihan mampu menjawab keinginan masyarakat untuk mendapatkan kota yang bersih, indah dan asri. “Selamat bertugas dan sukses. Insha Allah, Allah akan terus membimbing tugas kita selama kita dekat dengan Allah SWT,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dr. M. Hasbi Santoso berharap sinergi dari seluruh pihak agar kota Selong yang bersih, indah, asri dan nyaman dapat terwujud.

Pengukuhan yang bertempat di kantor DLHK itu ditandai pemasangan topi tim andalan kebersihan kota oleh Bupati Sukiman Azmy. (SN) 

×
Berita Terbaru Update