Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Bupati Lotim Tanam Alpukat Disepanjang Jalan Desa Bebidas

Monday, June 22, 2020 | June 22, 2020 WIB Last Updated 2020-06-22T12:09:50Z
Foto: Penandatanganan Kerjasama Wakil Bupati H. Rumaksih SJ

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Desa Bebidas Mengadakan Acara Launching Dan Penandatanganan Kerjasama Penanaman Alpukat Dengan Masyarakat Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, pada Minggu (21/6/20).

Penandatangan kerjasama ini disaksikan Oleh Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi, Kelompok Peduli Lingkungan, Kepala Desa Bebidas, Camat Wanasaba, Ketua BPD dan Kepala Balai TNGR.

Acara ini di lanjutkan dengan penanaman alpukat secara simbolis oleh Wakil Bupati Lombok Timur H.Rumaksi. ini merupakan program yang telah lama dicanangkan  oleh Pemerintah Desa Bebidas namun terhalang oleh kondisi Covid 19.

Dengan dana desa yang tidak terlalu besar, jika dibandingkan luas wilayah dan jumlah penduduk desa bebidas, maka perlu adanya inovasi didalam meningkatkan pendapatan asli desa tentu dengan melihat potensi-potensi desa.

Untuk itu program penanaman alpukat Ini dirasa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa, dimana sebanyak 20.000 bibit pohon alpukat ini akan ditanam di tanah warga sepanjang jalan Desa Bebidas.

Kepala Desa Bebidas Harmaen menerangkan “ dalam program penanaman alpukat ini yang lebih penting adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa, penanaman alpukat akan dilakukan ditanah-tanah warga  yang tidak termanfaatkan kemudian di sepanjang jalan Desa Bebidas dan akan menjadi aset besar desa selama 4 sampai 5 tahun kedepan”,

Selain itu pemerintah desa akan memberikan warga bibit dengan mengambil 12% dari keuntungan hasil panen alpukat“, Harmaen juga menambahkan  program ini sangatlah sederhana, alpukat didesa Bebidas tidak perlu dirawat  hanya tingal menanam saja  sebab tanah kita di Desa Bebidas sangatlah subur.

Penanaman alpukat ini sebagai peningkatan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli desa  untuk menuju desa yang mandiri. Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Lombok Timur H. Rumaksi Mengatakan “Penanaman alpukat disepanjang  jalan desa ini sangatlah luar biasa dan memanfaatkan tanah pekarangan dengan sebaik-baiknya ini akan sangat luar biasa.

Apabila ini menjadi projek di seluruh Kabupaten Lombok timur  dan dapat dikembangkan oleh desa-desa se Kabupaten Lombok  Timur  dapat membantu pelstarian lingkungan dan dan udara benar-benar bersih dengan adanya pohon yang dilestarikan selain meningkatkan pendapatan asli desa”. (SN-01)
×
Berita Terbaru Update