Notification

×

Iklan

Iklan

Jenazah PMI Asal Lotim Tersandera di Pontianak, Sekda Turun Tangan

Monday, June 22, 2020 | June 22, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T19:22:39Z

Foto: Keluarga Alm. M. Sapi'i Yani saat bertemu bersama Disnakertrans Lotim dan Baznas Lotim di Kantor Baznas Lotim

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial dan kalangan masyarakat akhirnya keluarga Alm. M. Sapi’i Yani sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) berasal dari Repok Bile, Dusun Bagik Perie, Desa Menceh, Kecamatan Sakra Timur, Lombok Timur (Lotim) ini bisa bertatap muka langsung dengan pihak dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim yakni antara lain dengan Sekretaris Daerah, pihak dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), dan pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lotim.

Dari pihak keluarga sendiri merasa lega setelah ada jawaban pasti yang mereka dapatkan dari pihak yang terkait. “Alhamdulillah akhirnya kami bisa bertemu langsung dengan Pak Sekda tadi pagi sekitar jam 09:30 walaupun beliau dalam keadaan sibuk, akan tetapi tadi sempat memberikan informasi jika jenazah adik ipar saya itu Insya Allah bisa diproses hari ini”, tutur Zohri selaku adik ipar Alm. M. Sapi’i setelah pertemuan singkat dengan Pak Sekda di Kantor Bupati Lotim. Senin, (22/06/2020)

Dengan demikian, pihak keluarga Alm. M. Sapi’i lega setelah mendapatkan kepastian dari Pak Sekda Lotim, setelah sebelumnya pada hari minggu pagi kemarin sekitar jam 11:00 Ia di hubungi langsung oleh Pak Sekda Lotim. Yang menginstruksikan bahwa proses koordinasi akan dilakukan oleh Dandim Lotim dengan Dandim Pontianak untuk memastikan keberadaan jenazah. 

“Kemarin sekitar jam 11:00 pagi itu saya di telpon oleh Pak Sekda Lotim, dan mengatakan bahwa akan terlebih dahulu di koordinasikan dengan Dandim yang berada di Lotim dan Dandim yang berada di Pontianak untuk mengecek keberadaan jenazah”, tambahnya

Ditemui di kantornya, Moh. Hirsan, S.Ap selaku Kepala Bidang Pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan (PPTK) Disnakertrans Lotim menerangkan bahwa dari pihak Disnakertrans sendiri akan siap memberikan pelayanan penuh kepada pihak keluarga Alm. dalam hal proses pemulangan jenazah.

“Kami dari Disnaker Lotim selalu siap untuk melayani PMI/TKI yang bermasalah walapun kita tahu bahwa kondisi Alm. PMI tersebut juga statusnya adalah non-prosedural (ilegal), yg notabenenya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang wajib kita proses dengan cepat.”, terang Hirsan

Akan tetapi selain proses pemulangan yang harus cepat, Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Lotim khususnya yang ingin berangkat kerja di Luar Negeri agar tetap menggunakan prosedur yang telah diatur oleh pemerintah, dengan tidak berangkat secara non-prosedural (ilegal). Hal tersebut ditekankan untuk meminimalisir proses yang panjang jika PMI ada masalah di Luar Negeri.

“Kita selalu menghimbau masyarakat khususnya yang berada di Lotim ini agar jangan sekali-kali menggunakan jalur ilegal untuk bisa bekerja di Luar Negeri, karena selain tidak adanya jaminan dari pemerintah jika PMI itu ilegal. PMI yang ilegal juga bisa menyebabkan proses kepengurusan yang berbuntut panjang nantinya jika PMI ada masalah seperti saat ini”, himbaunnya.

Ditemui saat bersama pihak keluarga dan pihak Disnakertrans Lotim, Abdul Hayyi Zakaria selaku Sekretaris Baznas Lotim juga memaparkan jika Alm. M. Sapi’i tersebut harus cepat ditangani, karena status PMI yg sudah meninggal dunia.

“Kita disini harus cepat bertindak karena ini kan jenazah, dalam Islampun kita harus cepat melakukan proses pemakaman kepada Alm. M. Sapi’i. untuk itulah kami menekankan hal itu kemarin”, papar Abdul Hayyi.

Selanjutnya pihak keluarga mengharapkan semoga proses pemulangan jenazah tidak menemui kendala apapun nantinya jika cepat diproses oleh Pemda. Dari pihak keluarga sendiri tidak ingin prosesnya terlalu lama karena hal tersebut akan mempangaruhi kondisi psikologis dari keluarga khususnya Anak dan Istri Alm.

“Mudah-mudahan saja nanti dari pihak Pemda sendiri baik itu Disnaker ataupun Baznas Lotim bisa cepat memproses Alm. Adik saya itu sehingga Anak dan Istrinya di rumah yang menunggu dari kemarin juga merasa lega walapun Alm. M. Sapi’i sudah pulang dalam keadaan tidak bernyawa”, harap Zohri. (SN-06)
×
Berita Terbaru Update