Notification

×

Iklan

Iklan

Punya 3 Dewan Di Desanya, Kades: Mereka Belum Ada Perhatian

Thursday, August 20, 2020 | August 20, 2020 WIB Last Updated 2021-04-13T09:50:10Z
Foto: H. Sayuti Abdul Hamid, Kepala Desa Sikur saat ditemui di ruangannya
Lombok Timur, Selaparangnews.com – Hal yang tidak biasa dirasakan oleh masyarakat Desa Sikur Induk, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur karena mempunyai satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB dan dua anggota DPRD Kabupaten Lotim dalam satu Desa.

“Sayangnya sampai dengan saat ini, kami belum mendapat perhatian yang maksimal dari mereka,” terang H. Sayuti Abdul Hamid selaku Kepala Desa Sikur Induk saat ditemui oleh Selaparangnews di sela kesibukannya.

Pria yang sudah melanglang buana di dunia pemerintahan ini meyakini bahwa, ketiga anggota DPRD yang berasal dari Sikur Induk tersebut bukannya tidak ada perhatian sama sekali. Tetapi ia mengakui jika saat ini belum ada andil yang besar terkait dengan pembangunan di Desa Sikur Induk sendiri.

Komunikasi yang intens diakui oleh Sayuti, tetap ia jalani dengan para anggota dewan tersebut. “Mereka bukan tidak ada kontribusinya, tapi lebih tepatnya belum ada saja,” kata Sayuti. Bahkan ia menyebut, hal yang luar biasa kalau satu Desa tersebut sudah mempunyai 3 anggota dewan sekaligus, kemungkinan satu-satunya di Daerah Lotim.

Sampai dengan saat ini, memang ketiga anggota DPRD belum ada konstribusi yang signifikan bagi Desa Sikur, palingan yang diberikan kata Kades hanya janji-janji semata. “Katanya insyaallah-insyallah saja dari kemarin” tegas Sayuti.

Adapun terkait dengan bantuan-bantuan, Desa Sikur Induk lebih dominan berkegiatan secara mandiri. 

“Belum ada bantuan-bantuan dari mereka,” lanjut Sayuti. Kalaupun yang ada, beberapa waktu yang lalu hanya paket sembako dari Dewan Provinsi tersebut dalam rangka merayakan idul adha. Lebih jauh lagi, kedua Dewan Kabupaten asal Sikur Induk belum memberikan bantuan sampai dengan saat ini.

Dana yang dikelola oleh Sayuti hanya berasal dari Desa dan dana swadaya saja, seperti gotong royong dengan melibatkan masyarakat yang banyak.

Disisi lain ia mengungkapkan kebanggaannya karena mempunyai tiga anngota Dewan sekaligus dalam satu Desa. “Kita sangat mengharapkan aspirasi masyarakat dalam bentuk apapun itu, sebenarnya mereka harus punya andil besar,” harap Sayuti.

Melalui jaringan WhatsApp, Sekretaris Desa Sikur Induk Diani Nur Arpina, SIP mengatakan dirinya sampai dengan saat ini sudah berkomunikasi dengan satu anggota Dewan. 

Menurutnya ketiga anggota Dewan asal Sikur tidak maksimal saat ini karena terkendal Covid-19. “Yang didahulukan Desa Semaya, Insyaallah tahun depan barulah kita (Desa Sikur),” timbal Diani

Lain halnya dengan Diani, dalam pandangannya ia menghimbau masyarakat agar tidak tergesa-gesa melihat sesuatu. “Saya rasa Dewan juga tidak mungkin menyelesaikan semuanya, sedangkan yang mereka pegang juga beberapa Desa,” bela Diani

Lebih jauh lagi, ia tidak terlalu dalam ingin mengomentari tentang kinerja ketiga anggota Dewan tersebut, sebab sudah ada anggaran dari Dana Desa (DD). “Kalau kita mau dibantu minimal komunikasi juga harus dijaga,” ujar Diani. (SN-06)

×
Berita Terbaru Update