Notification

×

Iklan

Iklan

Segantung Set, Segaris Surga Yang Terselip di Jejeran Pantai Selatan Lotim

Friday, August 7, 2020 | August 07, 2020 WIB Last Updated 2021-04-15T10:34:04Z
Pantai Segantung Set Lotim
Lombok Timur, Selaparangnews.com - Selain pantai Kaliantan, Kura-kura, Segui, Ekas, Tanjung Ringgit, Pink Beach, Penyisok dan pantai-pantai lainnya dengan karakteristik kecantikan dan keunikannya masing-masing, ada segaris surga yang terselip di wilayah selatan Lotim, namanya Pantai Segantung Set.
Pantai Segantung Set ini terletak di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Ia memiliki berbagai macam keindahan dan keunikan dengan bentuknya yang hanya segaris pantai berpasir putih di apit oleh dua lautan dan di topang dua bukit pada sisi kiri-kanannya.
Bayu Martahadi salah satu pemuda asal Jerowaru sekaligus selaku pemandu pantai yang ada di bagian selatan menceritakan bahwa, konon Pantai Segantung Set ini di jadikan sebagai lokasi strategis oleh masyarakat untuk berburu rusa dengan memasang jerat disepanjang pantai yang menggaris itu. "jadi untuk menjebak para rusa, orang tua dulu menggiringnya untuk menyeberangi pantai agar masuk ke dalam perangkap" ceritanya kepada media ini, Jumat 07/08/2020.
Ia melanjutkan jika dirinya tidak tahu persis keberadaan rusa disekitar lokasi, yang menjadi icon Provinsi NTB tersebut. "Tapi saya tidak tau persis kenapa, sejauh ini saya tidak pernah melihat ada tanda-tanda keberadaan dari hewan yang menjadi icon wilayah NTB tersebut di tempat ini" paparnya.
Iapun menduga jika keberadaan rusa di tempat itu adalah mitos yang melatar belakangi nama pantai. "mungkin Sesuai namanya Segantung Set kalau di terjemahkan dalam bahasa Sasak (Lombok) artinya Sebuah jerat yang di gantung" jelasnya.
Ditempat yang sama, Bayu warga setempat menyampaikan jika waktu yang tepat untuk berlibur ke pantai itu adalah saat musim air laut surut. "Bisa saja berlibur ketika di musim air pasang, tapi tidak bisa turun jalan-jalan ke pantai, apalagi untuk Camping" jelasnya.
Terpisah, Majdi Rahman salah satu pengunjung yang berasal dari desa Aik Anyar Kecamatan Sukamulia Lotim, menyarankan agar pengunjung atau wisatawan menunggu momen ketika air laut surut agar bisa mendapatkan sepenuhnya sensasi bermalam di pantai yang hanya segaris itu. "Karena untuk berada di tempat ini, kita butuh kesabaran yang ekstra" kata Majdi.
Ia menuturkan untuk sampai di tempat itu sangat tidak mudah, Pengunjung harus melewati jalan terjal berbatu, naik turun bukit dan belum terhitung jika tersesat sebab tidak ada tanda penunjuk jalan, sebagaimana lazimnya obyek wisata.
"untuk sampai disana tidak semudah yang kita kira, karena harus melewati bukit bebatuan, jalan yang terjal, belum lagi kalau tersesat, karena memang disana tidak ada penunjuk arah sebagaimana lzimnya obyek wisata yang sudah terkelola, tapi disitulah serunya perjalanan” tutur majdi penuh semangat.
 Iapun menyampaikan jika Segantung Set ini hanya bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua. "Bisanya Roda dua, roda empat tidak bisa " tutupnya. (CR.SN-02)
×
Berita Terbaru Update