Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Hari Santri, Guru To'i Minta Pemerintah Optimalkan Peran Pesantren Dalam Pembangunan Daerah

Thursday, October 22, 2020 | October 22, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T16:52:10Z

Foto: Akhdiansyah, S.H.I atau Guru To'i, Sekertaris DPW PKB NTB yang juga anggota DPRD Provinsi NTB Periode 2019-2024

Mataram, Selaparangnews.com - Pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Akhadiansah meminta kepada Pemerintah Provinsi agar melibatkan santri dalam program pembangunan daerah.

"Dalam pembangunan daerah, pemerintah harus maksimalkan peran pesantren," ucap pria yang akrab disapa Guru Toi tersebut. Kamis, 22/20/2020.

Ia sendiri mengakui bahwa sampai saat ini belum melihat program dari Pemerintah Provinsi yang aktif melibatkan santri sebagai wadah penggerak pada program prioritas.

Ia menyebut seperti program zero waste, program beasiswa yang tercover di Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, dan program kampanye kesehatan melawan stunting. Program-program tersebut dalam pandangannya belum melibatkan aktivitas gerakan santri yang aktif.

"Program prioritas Pemprov sampai saat ini masih belum maksimal melibatkan gerakan santri, khususnya yang ada di wilayah NTB," imbuhnya.

Padahal, menurut Guru Toi, jika santri dilibatkan untuk pembangunan daerah pastinya akan mendapatkan hasil yang optimal. Terlebih lagi, santri saat ini dikenal bukan hanya sebagai generasi yang agamais, tetapi lebih dari itu, gerakan santri juga diperhitungkan ke depannya.

Mengingat, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimililk santri telah diasah sedemikian rupa di Pondok Pesantren. Agar menjadi generasi yang kuat berlandaskan prinsip-prinsip islami yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Baginya, peran santri telah terbukti bisa berdampak positif bagi masyarakat luas. Hal itu ia ungkapkan karena santri mempunyai jaringan luas di seluruh Indonesia.

"Kapasitas dari santri sudah terbukti dan teruji di kancah nasional maupun internasional, untuk itulah Ponpes harus ikut serta sebagai wadah santri untuk memgoptimalkan program daerah," tandasnya. (fgr)

×
Berita Terbaru Update