Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional, Lapas Selong Panen Raya Jagung di Menanga Baris

Monday, March 22, 2021 | March 22, 2021 WIB Last Updated 2021-03-29T19:30:37Z


 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Menindaklanjuti kerjasama antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI perihal Ketahanan Pangan Nasional, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong bersama kelompok tani yang terbentuk melaksanakan kegiatan panen raya jagung di lahan perkebunan SAE (Sarana Asimilasi dan Edukasi) Lapas Selong yang terletak di Menanga Baris, Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Senin, 22/03/2021.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Kemenkumham NTB, Kepala Lapas Dompu, Kepala Lapas Sumbawa, Kepala LPKA Lombok Tengah, Kepala Bapas Mataram, Kepala Kanim Sumbawa, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Timur, Camat Pringgabaya, dan jajaran Kepolisian Lombok Timur.


Kegiatan panen raya jagung tersebut dilakukan secara simbolis, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Lapas Selong, Purniawal.


Dia menerangkan bahwa kegiatan itu merupakan hasil dari pembinaan yang telah diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan Lapas Selong yang sedang menjalani asimilasi. 


Dalam hal ini, lanjutnya, Lapas Selong bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur dalam memberikan edukasi kepada warga binaan tentang cara bercocok tanam yang baik agar dapat menghasilkan tanaman yang produktif dan bisa dinikmati, khususnya terhadap kelompok tani yang telah terbentuk di Lapas Selong (Kelompok tani pasti bangkit).


"Melalui Kegiatan pembinaan ini kami berharap dapat membentuk karakter yang lebih baik lagi terhadap warga binaan agar menjadi pribadi yang lebih produktif, berdayaguna dan bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya. Senin, 22/03/2021.


Selanjutnya, Kabid Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Lalu Jumaidi mewakili Kepala Kanwil Kumham NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa segala hal yang dimiliki oleh Lapas Kelas IIB Selong adalah anugerah yang harus disyukuri.


"Lapas Selong memiliki potensi yang sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga besarnya. Hal ini patut disyukuri dengan cara memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang dimiliki, kemudian mencari cara yang lebih baik lagi untuk terus mengembangkannya sehingga dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi instansi," ungkapnya.


Hasil dari kegiatan ini, kata dia, merupakan salah satu wujud dalam meningkatkan Resolusi Pemasyarakatan di bidang ketahanan pangan serta meningkatkan PNBP (Penghasilan Negara Bukan Pajak). 


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Lombok Timur H. Abadi mewakili Bupati Lombok Timur sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, beliau merasa bangga dan terharu  akan kekompakan yang terjalin antara warga binaan dan petugas dalam memberikan sumbangsihnya kepada Bangsa.


"Semoga program yang berlangsung dapat menambah wawasan bagi warga binaan. Harapan kami semoga ketika selesai dari masa binaan akan bisa diterapkan ketika keluar lapas," pungkasnya. (SN)

×
Berita Terbaru Update