Notification

×

Iklan

Iklan

Diresmikan, Jembatan Penghubung Dua Gili di Kecamatan Jerowaru Permudah Akses Warga

Thursday, December 23, 2021 | December 23, 2021 WIB Last Updated 2021-12-22T16:27:16Z

Jembatan penghubung antara Gili Ree dan Gili Bleq diresmikan

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Jembatan penghubung  antara dua Gili yakni,  Gili Beleq dan Gili Ree yang ada di Desa Paremas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur diresmikan, pada Rabu, 22 Desember 2021 kemarin.


Jembatan yang menghabiskan anggaran senilai Rp. 2,5 milyar APBD Lombok Timur tesebut dikerjakan kurang lebih selama enam bulan, yakni dari bulan Juni hingga November 2021.


Jembatan penghubung antara kedua gili itu dibangun tidak lain untuk menjawab kebutuhan masyarakat setempat, utamanya akses pendidikan bagi  anak-anak usia sekolah.


Bukan akses pendidikan saja, tetapi seluruh lapisan masyarakat Gili Beleq dan Gili Ree juga turut menyambut antusias keberadaan jembatan tersebut.


Peresmian jembatan penghubung dua Gili itu juga dirangkai dengan peresmian hasil rehab rekon Rumah Layak Huni (RLH) sebanyak 14 unit.


Dalam sambutannya, Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy menyampaikan bahwa  dengan adanya jembatan tersebut diharapkan  tidak ada lagi anak-anak yang berenang atau menenteng sepatunya ke sekolah karena harus melintasi Selat. 


Ia juga berharap jembatan tersebut dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat.


Karena itu Bupati mengingatkan konstruksi jembatan hanya untuk pejalan kaki atau sepeda, bukan kendaraan bermotor.


“Mohon kiranya jangan dilewati kendaraan seperti sepeda motor atau roda empat. Cukuplah jembatan ini dilewati oleh manusia atau maksimal sepeda, sehingga  manfaatnya dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama," ujarnya.


Terkait dengan RLH yang juga diresmikan dalam kesempatan tersebut dikatakan  bahwa pada tahun 2022 mendatang direncanakan 30 unit RTLH  di Gili Beleq akan direhab.


Sementara itu Kapolda NTB, Irjen Pol. Muhammad Iqbal mengapresiasi terwujudnya jembatan penghubung dua gili serta dilakukannya rehabilitasi RTLH.


Ia mengaku bangga dan terhormat karena dilibatkan dalam kegiatan peresmian tersebut di penghujung masa pengabdiannya di NTB.


Peresmian jembatan ditandai penandatanganan prasasti oleh Kapolda dan Bupati. Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan RLH secara simbolis oleh Bupati.


Ketua Bhayangkari Ny. Nindya M. Iqbal yang turut dalam rombongan Polda NTB menyerahkan bantuan buku pelajaran SD, SMP, Al-Quran, IQRA, buku bacaan, dan masker kepada kepala wilayah Gili Ree. (SN)

×
Berita Terbaru Update