Notification

×

Iklan

Iklan

Dihadiri Wabup, Empat Kawil Desa Mekarsari Suela Dilantik, Berikut Pesan Kades dan Dinas PMD

Wednesday, May 25, 2022 | May 25, 2022 WIB Last Updated 2022-05-25T12:24:30Z

Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi Sjamsuddin SH foto bersama dengan Kabid PMD, Kades Mekarsari, dan Para Kawil yang dilantik usai acara Pelantikan

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Desa Mekarsari, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, melantik Empat Kepala Wilayah (Kawil) yang telah dinyatakan lulus seleksi beberapa hari sebelumnya. Pelantikan berlansung pada Rabu, (25/05/2022), di Kantor Desa setempat. 

Empat Kawil yang dilantik ialah Umar Dani untuk Wilayah Pancor Galuh, Suhaimi sebagai Kawil Muhajirin, Abdul Aziz sebagai Kawil Sordang dan  Muhammad Wahyu Hafizan sebagai Kawil Seruni. 

Pelantikan para Kawil tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj, SH., dan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lukmanul Hakim.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengapresiasi pelantikan empat Kawil tersebut. Menurutnya, Desa Mekarsari sudah mulai menunjukkan perkembangan saat ini. 

Wabup berpesan supaya para Kawil ikut berupaya meningkatkan indeks pembangunan manusia Lombok Timur yang masih diangka 8 dari 10 Kabupaten - Kota di NTB. 

"Untuk itu, pendidikan dari tingkat bawah hingga perguruan tinggi harus diprioritaskan," kata Wabup seraya berharap supaya para Kawil yang dilantik segera bekerja dengan maksimal supaya pelayanan masyarakat bisa terakomodir dengan baik. 


Adnan, SH., Kepala Desa Mekarsari Sari saat memberikan sambutan


Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari Adnan, S.H, menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan moment istimewa bagi para Kawil karena dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Lombok Timur.

"Ini adalah moment yang luar biasa, pelantikan bapak-bapak Kawil bisa dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati," ujarnya.

Menurutnya, hal itu akan menjadi motivasi dan spirit bagi jajaran pemerintah Desa Mekarsari dalam membangun desa supaya semakin maju dan berkembang. "Kehadiran bapak wakil bupati ini merupakan spirit dan motivasi bagi kita untuk membangun desa kita," tegasnya. 

Dulunya, kata Adnan, Desa mekarsari terdiri dari Delapan Wilayah, namun karena cukup luas, maka dilakukan pemekaran sehingga menjadi 12 Wilayah. 

Ia juga memberitahukan bahwa Desa Mekarsari ini baru saja terbentuk dengan masa kepemimpinan Kades kurang dari dua periode. Namun dari segi pembangunan infrastuktur, kata dia, sudah hampir 100 persen semuanya terpenuhi. 

"Selama kurang dari dua periode kepimpinan kami di sini tinggal 10 persen pembangunan infrastuktur jalan akan tuntas," tandasnya. 

Ia menghimbau Kepada semua jajaran Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat untuk tetap bergandengan tangan memajukan desa. Pasalnya menurut dia, bagaimanapun besarnya sebuah desa kalau pemerintah dan masyarakat tidak kompak dan bersatu untuk membangunnya maka senui akan sulit. 

"Selama kita bersama, maka semuanya tidak akan pernah sulit," tandasnya. 

Sementara itu, Lukmanulhakim, Kabid PMD juga menegaskan bahwa kepala wilayah itu merupakan bagian dari perangkat desa yang akan membantu pemerintah desa dalam menjalankan tugasnya menjadi pelayan masyarakat.

"Bapak bapak kawil ini harus lebih tahu kondisi masyarakatnya sebelum kepala desanya," terangnya. 

Kata dia, ada lima hal yang harus dimiliki perangkat desa, di antaranya ialah kapasitas, lalu kapabilitas, kemudian integritas, dan Profesionalitas dan loyalitas pada pimpinan. 

"Kawil ini merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah desa di setiap dusunnya, karena itu harus lebih tahu dari Kades, atau istilahnya itu jangan kepala desa lebih tahu jarum yang patah di dusun bapak-bapak kawil ketimbang pak kawil sendiri," pungkasnya. (izi)

×
Berita Terbaru Update