Notification

×

Iklan

Iklan

Bakesbangpoldagri Lotim Bakal Maksimalkan Peran dan Fungsi FKDM di Tahun Politik Mendatang

Wednesday, August 17, 2022 | August 17, 2022 WIB Last Updated 2022-08-16T18:44:46Z

Zaitul Akmal, Sekretaris Bakesbangpoldagri Kabupaten Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Kabupaten Lombok Timur bakal memaksimalkan peran dan fungsi Forum Deteksi Dini Masyarakat (FKDM)  untuk mengantisipasi munculnya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat menjelang tahun politik 2023 dan 2024 mendatang. 


Hal itu disampaikan Zaitul Akmal Sekretaris Bakesbangpoldagri saat ditanya kesiapan Pemerintah Daerah dalam menjaga kondusifitas masyarakat menjelang masuknya tahun politik di Lombok Timur, baik Pilkades serentak di tahun 2023 maupun Pemilihan Legislatif, Kepala Daerah maupun Presiden di tahun 2024 mendatang. 


"Kita kan punya FKDM, nanti itu kita maksimalkan, Bakesbangpoldagri juga sekarang ini sedang menjalankan program pendidikan politik bagi masyarakat," ujarnya ditemui di selong usai menjadi narasumber dalam acara Dialog Publik tentang Paham Radikal dan Intoleransi. Selasa, (16/08/2022). 


Selain itu, lanjut Zaitul Akmal, pihaknya juga saat ini tengah menggalakkan pendidikan politik bagi masyarakat, seperti yang dilakukan oleh partai politik di Kabupaten Lombok Timur. 


Terkait keberadaan FKDM di Lombok Timur, Ia mengaku saat ini jumlahnya memang terbatas, tidak mampu menjangkau hingga tingkat Desa, melainkan hanya sampai tingkat kecamatan. 


"Masing-masing kecamatan terdapat lima FKDM," sebutnya sembari mengatakan bahwa justru Kabupaten Lombok Timur merupakan Kabupaten yang terbanyak memiliki FKDM dibanding Kabupaten dan Kota lainnya di NTB. 


Di tahun politik yang akan datang ini, mereka diharapkan mampu menangkap potensi-pontensi gangguan di masyarakat untuk kemudian dicarikan solusi bersama dengan pemerintah setempat. 


"Ya kita berharap mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik, melakukan deteksi sedini mungkin untuk kemudian dibicarakan dan diselesaikan di tingkat pemerintah setempat," pungkasnya. (Yns) 


×
Berita Terbaru Update