Notification

×

Iklan

Iklan

Lotim Susun Kalender Event Wisata, Bupati Minta Sejumlah Tradisi Lokal Dihidupkan Kembali

Saturday, August 6, 2022 | August 06, 2022 WIB Last Updated 2022-08-06T11:16:49Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy (kedua dari kanan) menghadiri acara penyusunan kalender event wisata Lombok Timur di Desa Loyok (foto: PKP Lotim) 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) mulai menyusun kalender event Lombok Timur di salah satu Cafe di Desa Loyok, Kecamatan Sikur. Sabtu, (06/08/2022).

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy yang hadir dalam penyusunan event tersebut mengatakan bahwa Kabupaten Lombok Timur memiliki beragam agenda pariwisata yang belum dikoordinasikan dengan baik. Padahal, kata Bupati, berbagai agenda tersebut berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan.


Ia mengingatkan agar mendata seluruh kegiatan adat dan tradisi yang berlangsung, juga kegiatan lainnya yang potensial untuk dilakukan.


Menurut Bupati, selama ini kegiatan tersebut terserak dengan gaung yang tidak begitu besar. Ia yakin perencanaan serta penyusunan yang baik dapat mengamplifikasi berbagai agenda yang selama ini dikembangkan oleh masyarakat.


Bupati Sukiman juga berharap  menghidupkan kembali tradisi yang baik dan unik sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Lombok Timur. Ia percaya tradisi masyarakat Lombok Timur banyak yang menarik seperti tradisi Memaos, Pacuan Kuda dan sejumlah tradisi lain yang perlahan-lahan mulai menghilang.


Bupati Sukiman juga menyampaikan apresiasinya kepada BPPD dan Dinas Pariwisata, juga seluruh masyarakat pariwisata dari seluruh wilayah Lombok Timur yang turut dalam penyusunan calendar event.


Apalagi mengingat sektor pariwisata  merupakan sektor penting yang diharapkan dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.


Hal tersebut sejalan dengan target Pemerintah Daerah untuk mendorong peningkatan IPM melalui peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan, dan pendapatan per kapita masyarakat Lombok Timur.


Penyusunan calender event pariwisata Lombok Timur, yang diikuti para pelaku wisata se-Lombok Timur tersebut merangkum seluruh agenda pariwisata yang dilakukan masyarakat dengan berbagai skala. (SN) 

×
Berita Terbaru Update