Notification

×

Iklan

Iklan

Hidayatullah NTB Adakan Pelatihan Untuk Da'i dan Guru Ngaji

Saturday, October 8, 2022 | October 08, 2022 WIB Last Updated 2022-11-09T17:31:25Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy membagi inspirasi kepada para peserta Pelatihan Da'i dan Guru Ngaji yang diadakan DPW Hidayatullah NTB

SELAPARANGNEWS.COM - Dalam rangka meningkatkan kapasitas, kualitas, dan mutu da'i dalam mengemban tugas pengabdian dakwah, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan pelatihan bertajuk “Pelatihan Da'i dan Guru Ngaji Inspiratif” yang berlangsung tanggal 5 hingga 8 oktober 2022, di Pondok Pesantren Yayasan Islahul Ummah Hidayatullah sambelia Lombok Timur.


Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk transformasi dan upgrading kualitas jati diri Da'i dan Guru Ngaji serta menguatkan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi ummat, hal ini selaras dengan tema yang diusung yaitu “Membentuk Pribadi Da'i Dan Guru Ngaji Yang Menginspirasi".


Pelatihan kali ini diikuti oleh puluhan dai dan guru Ngaji yang berada di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, baik Guru ngaji yang langsung mendapat tugas dari Hidayatullah maupun dari Rumah Qur’an, TPQ yang ikut menjadi peserta pelatihan. 


Adapun pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini, di antaranya adalah Drs. Hamim Thohari, M.Si, Ketua Dewan Pertimbangan, Drs. Zainuddin Musyaddad, MA selaku Dewan Murabbi, Drs. Mohammad Nur Fuad, MA dewan murabbi, Ir. Hanifullah, MA dewan murabbi dan ketua departemen pengkaderan Muhammad Sholeh Usman, S.S, M.I.Kom.


Semua pemateri ini langsung didatangkan dari Hidayatullah Pusat di Jakarta.


Penghujung acara dihadiri Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy. Di samping memberi sambutan dan apresiasi, Bupati juga memberi sharing inspirasi terkait perkembangan Dakwah Islam, khususnya di Lombok Timur. 

 

Bupati juga memberi dukungan kepada DPW Hidayatullah Nusa Tenggara Barat karena telah melaksanakan kegiatan pelatihan bagi da'i.


“Pengalaman dalam pemerintahan dengan melayani banyak masyarakat yang berlatar dari berbagai macam Ormas islam tentu membutuhkan sentuhan yang harus cermat dan cerdas," kata Bupati Sukiman.


Semua itu, lanjutnya, akan menjadikan khazanah dakwah bagi para Dai untuk memberikan yang terbaik kepada ummat.


Menurutnya, Da'i butuh strategi dakwah yang adaptif dan inspiratif dan harus pandai melihat situasi dan kondisi ummat agar ummat tercerahkan dalam masalah Agama Islam secara utuh dan luas.


Lebih lanjut bupati Lombok Timur ini mengajak para da'i Hidayatullah untuk memiliki ciri khas husus sebagai daya tarik untuk bisa di kenal oleh masyarakat.


"Dimanapun ditugaskan harus disyukuri tidak boleh mengeluh," jelas Bupati kepada peserta pelatihan.


Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Penyelenggara Sekaligus Ketua DPW Hidayatullah NTB Ust. Muslehuddin Mustaqim, tak lupa memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan pelatihan ini, baik kepada Pemerintah Lombok timur, Baitul Maal Hidayatullah, Yayasan Berdayakan sesama dan Lingkar Peduli Indonesia dan kepada Mitra synergy lainnya yang telah mendukung.


“Terima kasih dan Jazaakumulah khairan katsiran , semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang sempurna, Amiin Yaa Rabbal Aalamiin,, ucapnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update