Notification

×

Iklan

Iklan

Mendagri Tito Karnavian Minta Pemerintah Daerah Segera Cairkan Dana BTT dan Bansos

Monday, November 21, 2022 | November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-21T13:07:36Z

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian

SELAPARANGNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah untuk segera mencairkan dana Belanja Tak Terduga (BTT) dan Bansos mengingat APBD tahun anggaran 2022 akan segera berakhir. 


Hal itu disampaikan Mendagri saat memimpin rapat koordinasi nasional terkait penanganan Inflasi Daerah yang berlangsung secara virtual, pada Senin (21/11/2022) bersama Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia. 

Tito menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional ditentukan oleh kerja-kerja kolaboratif antara Pemerintah Pusat dan semua pemerintahan di daerah.

Karena itu, Ia meminta kepada 37 Provinsi, 95 Kota dan 416 kabupaten di Indonesia untuk bekerja secara paralel dengan pemerintah pusat. 

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih pada angka positif yaitu 5,72 pada kuartal ke-3," ujarnya. 

Hal itu, kata Tito, menunjukkan tren positif mengingat banyak negara pertumbuhan ekonominya di bawah lima persen. 

Sementara mengenai inflasi, lanjutnya, antara bulan September dan Oktober mengalami penurunan dari 5,95 persen di bulan September menjadi 5,71 persen di bulan Oktober.

Ia meminta Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, serta TNI dan Polri agar tetap memantau angka-angka inflasi di masing-masing daerah dan meminta Pemda melakukan upaya pengendalian. 

“Tolong setiap daerah membuat terobosan semaksimal mungkin dan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada,” harap Tito. 

Mantan Kapolri ini juga mengingatkan kondisi musim penghujan seperti saat i ini yang dapat menghambat dalam distribusi maupun produksi. 

Karena itu, kata dia, dibutuhkan antisipasi dengan memanfaatkan aset yang tersedia, termasuk juga persiapan natal dan tahun baru agar terus melakukan pemantauan stok/pasokan barang kebutuhan pokok secara intensif di pelaku usaha wilayah masing-masing, terutama distributor dan ritel modern. (SN) 
×
Berita Terbaru Update