Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi Selong Tanam Pohon di Kawasan Sunrise Land Lombok

Saturday, December 17, 2022 | December 17, 2022 WIB Last Updated 2022-12-17T09:43:47Z

Penanaman pohon albasia di kawasan pantai Sunrise Land Lombok oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Hamzanwadi Selong

SELAPARANGNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hamzanwadi Pancor menanam 200 pohon nangka dan albasia di Kawasan Pantai Sunrise Land Lombok Dusun Montong Meong, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur. Sabtu, (17/12/2022). 


Ketua Kelompok KKN Universitas Hamzanwadi Pancor Fahrurrozi mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai salah satu program yang dijalankan mereka. 


"Kita tanam 2 jenis pohon tersebut dengan tujuan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, terutama nangka dan albasiah," ucapnya. Sabtu (16/12/2022). 


Lebih lanjut ia menjelaskan, pohon nangka sendiri ditanaminya karena melihat pemanfaatannya di masyarakat sangat banyak, khususnya ketika ada acara adat seperti "Begawe" (Bahasa Lombok: acara nikahan masyarakat Lombok -red). 


"Pohon nangka supaya saat ada masyarakat begawe bisa memetik buahnya disini, jadi diharapkan tak perlu membeli," ungkapnya. 


Begitupun dengan pohon albasia, pohon yang dikenal dengan anti rayap tersebut diharapkan bisa membantu pengembangan wisata di tempat tersebut. 


Khususnya untuk membuka lapak baru, karena memang mayoritas bangunan atau lapak disekitaran pantai di dusun Montong Meong masih memanfaatkan kayu sebagai bangunan, begitupun dengan masyarakatnya. 


"Khusus pohon albasia, kita tanam agar nantinya bisa membantu masyarakat membangun lapak baru untuk pengembangan wisata, sekaligus juga sebagai kayu bakar untuk masyarakat yang ada," tuturnya. 


Setelah ditanam, dikatakannya pihaknya akan terus merawat apa yang di tanamnya. 


Agar apa yang ditanamnya selanjutnya bisa tumbuh dengan baik dan bisa berguna bagi masyarakat sesuai yang diharapkan. 


"Setelah penanaman ini kami akan terus pantau pertumbuhannya, bisa juga sebagai sarana silaturrahmi temen-temen KKN yang ada," tutupnya. 


KKN Tematik Universitas Hamzanwadi Pancor sendiri telah melakukan pengabdian selama 5 bulan terhitung dari bulan Agustus 2022. (SN) 

×
Berita Terbaru Update