Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Lotim Serahkan Donasi Rp. 1,1 M Bagi Korban Gempa di Cianjur

Wednesday, December 14, 2022 | December 14, 2022 WIB Last Updated 2022-12-14T12:05:09Z

Penyerahan donasi untuk korban gempa Cianjur oleh perwakilan pemkab lotim

SELAPARANGNEWS.COM - Pemkab Lombok Timur menyerahkan hasil penggalangan dana sebesar Rp. 1,1 miliar yang terkumpul dari berbagai elemen masyarakat untuk korban gempa Cianjur Jawa Barat. 


Bantuan tersebut diserahkan langsung perwakilan Pemkab Lombok Timur yang dipimpin Kepala Dinas Sosial H. Suroto bertempat di Pendopo Bupati Cianjur. Rabu, (14/12/2022).

Kedatangan rombongan Pemkab Lombok Timur diterima Staf Ahli Bidang SDM Pemkab Cianjur Tedy Artiawan.

Pertemuan tersebut diawali dengan penyerahan bantuan uang tunai secara simbolis senilai Rp 1,1 miliar donasi dari masyarakat Lombok Timur . 

Bantuan diserahkan langsung Kadis Sosial H. Suroto kepada Staf Ahli Tedy Artiawan. 

Pemkab Cianjur sangat terharu atas bantuan dan kepedulian dari masyarakat Lombok Timur. Terlebih lagi bantuan yang diserahkan nilainya dianggap sangat besar. 

Dikesempatan itu Kadis Sosial H. Suroto mewakili Pemkab dan masyarakat Lombok Timur menyampaikan ucapan belasungkawa atas musibah bencana gempa yang terjadi di Cianjur. 

Bencana gempa Cianjur ini kata dia telah menggugah hati Pemkab dan semua elemen masyarakat di Lombok Timur melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak gempa. 

Terlebih lagi bencana ini telah menyebabkan ratusan nyawa melayang, ribuan luka - luka dan puluhan ribu rumah warga mengalami kerusakan.

"Bencana gempa yang terjadi di Cianjur ini juga telah lebih dulu kami alami di Lombok Timur di tahun 2018 lalu. Dan dampaknya juga sangat luar biasa," terang Suroto.

Berawal dari sini terang dia Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy langsung menginstruksikan semua jajaran OPD, camat dan kelurahan untuk mengumpulkan bantuan dana dari semua komponen masyarakat di Lombok Timur. 

Aksi penggalangan dana ini juga dilakukan melalui masjid- masjid . Dari kegiatan tersebut, Pemkab Lombok Timur berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 1,2 miliar. 

"Dari Rp. 1,2 miliar itu, Rp. 1,1 miliar kita serahkan dalam bentuk uang tunai. Itu sesuai perintah dari pak bupati supaya bantuan ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sisa dari bantuan ini kita sisihkan untuk trauma healing," terangnya .

Suroto menyampaikan, apa yang dirasakan korban Gempa Cianjur juga sangat dirasakan oleh masyarakat Lombok Timur. 

Dengan bantuan ini diharapakan akan bisa membantu dan meringankan beban para korban gempa. "Kami ke sini untuk menyampaikan amanah dari masyarakat Lombok Timur," tutup Suroto


Sementara itu Staf Ahli Bidang SDM Pemkab Cianjur Tedy Artiawan mewakili masyarakat Cianjur mengaku sangat bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi - tingginya atas kepedulian masyarakat Lombok Timur yang telah memberikan donasi dengan nilai yang sangat besar.

"Kami sangat terharu. Bantuan ini akan kai memanfaatkan dengan sebaik baiknya terutama untuk memperbaiki dan merehab rumah warga. Semoga donasi ini menjadi amal ibadah," ucapnya. 

Lebih lanjut Tedy menyampaikan kondisi Cianjur paksa di guncang gempa dengan kekuatan 5,6 skala richter. Bencana ini terang dia telah menyebabkan 16 kecamatan dari 32 kecamatan yang ada di Cianjur terkena dampak. Dampak terparah berada di wilayah utara Cianjur yang merupakan titik terjadinya guncangan gempa. 

"Bencana ini telah menyebabkan 334 warga meninggal dunia bahkan sampai saat ini sebagian belum ditemukan karena tertimbun longsor," terang dia.

Selain korban jiwa terang dia bencana ini juga telah menyebabkan puluhan ribuan rumah warga mengalami kerusakan yang tersebar di 169 desa yang ada di 16 kecamatan. Dengan rincian yaitu 16.403 rusak berat ,25 ribu rusak sedang sebagian lagi rusak ringan. 

"Kondisi masyarakat kita sampai sekarang masih trauma. Ada sekitar 400 ribu warga kita masih mengungsi. Mereka belum berani kembali ke rumahnya. Untuk itu Kita berharap doa dan dukungan semoga cianjur bisa pulih kembali. Terakhir kami sampakan terima kasih ke masyarakat dan bupati Lombok Timur," tandas Tedy. (SN) 
×
Berita Terbaru Update