Notification

×

Iklan

Iklan

DPD II KNPI Lombok Timur Dilantik, Sekda Ajak Pemuda Sukseskan Pemilu 2024

Saturday, January 28, 2023 | January 28, 2023 WIB Last Updated 2023-01-28T11:01:15Z

Acara Pelantikan DPD II KNPI Lombok Timur di Aula Pendopo Bupati

SELAPARANGNEWS.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Kabupaten Lombok Timur periode 2023-2026 resmi dilantik di Aula Pendopo Bupati Lombok Timur. Sabtu, (28/01/2023).


Acara pelantikan yang mengusung tema "Optimalisasi Gerakan Pemuda Melalui KNPI untuk Lombok Timur Lebih Maju tersebut turut dimeriahkan dengan pertunjukan presean dari para pemuda Lombok Timur. 

Ketua DPD II KNPI Irwan Safari pada sambutannya menyampaikan, program pemuda tidak boleh muluk-muluk mengingat Lombok Timur saat ini tengah dilanda badai krisis dan ketimpangan. 

Pemuda, kata Irwan, jangan hanya pandai mengkritik tanpa menghasilkan solusi yang solutif. Ia sendiri berjanji bahwa KNPI akan ikut menjadi solusi bagi setiap persoalan yang ada di Kabupaten Lombok Timur. 

"Kami tekankan program KNPI tidak muluk-muluk, sehingga fokus kami adalah bagaimana mengatasi ketimpangan yang ada di Lombok Timur," tegasnya.

Tak hanya itu, Irwan juga menyampaikan Komitmen pemuda Tahun 2023 yang harus mampu menjawab semua masalah. Bahkan ia optimis untuk mengupayakan bagaimana pemuda mampu mengantarkan Lombok Timur keluar dari zona hitam. 

"Sesuai tema, kami ikhtiarkan untuk mengeluarkan Lotim dari zona ketimpangan," jelasnya.

Berkaca dari Nawacita, lanjut Irwan, Bupati Lombok Timur sudah memenuhi beberapa hajatan masyarakat, dimana yang paling menonjol adalah pembangunan jalan dan infrastruktur. 

Bahkan menurutnya, pembangunan infrastruktur itu sampai ke pelosok-pelosok Desa. "Ini yang harus harus diapresiasi dari Pemerintahan SUKMA, yang dimana mampu membangun beberapa infrastruktur terutama jalan sampai pelosok," ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkan Irwan, Dirinya menyorot Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang disinyalir menyebabkan konflik pada masing-masing Desa, karena diduga operator tidak menginput sehingga masyarakat yang benar-benar miskin tidak terdaftar sebagai penerima bantuan. 

"Ini yang menjadi permasalahan saat ini, bagaimana kemudian bantuan yang memang menjadi haknya tidak terakomodir, dikarenakan operator Desa tidak memasukkan ke dalam sistem, inilah kemudian yang kami harus tertibkan," Tegasnya

Lebih jauh dijelaskan Mantan Ketua Cabang PMII Lotim 2019-2021 ini menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan KNPI Cup I sebagai wadah membangun kesadaran Olahraga, tak hanya itu DPD II KNPI juga ingin mengadakan MTQ tingkat pemuda sebagai wadah untuk menjaring bibit penghafal Qur,an.

"Dalam waktu dekat kami akan menyelenggarakan KNPI CUP dan MTQ sebagai peningkatan mutu pengembangan pemuda Lombok Timur," Terangnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H.M Juaini Taofik menekankan agar KNPI dapat bersinergi mensukseskan pemilihan umum tahun 2024 mendatang, mengingat banyaknya pemilih dari kalangan pemuda nantinya. 

"Kami harapkan KNPI ikut menjadi suksesi Pemilihan Umum pada tahun 2024 mendatang," ucap Pria yang akrab disapa kak Ofik tersebut. 

Kak Ofik juga menjelaskan status gedung pemuda yang sudah direncanakan menjadi sekretariat bersama pemuda Lombok Timur, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. "Bupati mengakui KNPI lebih dari kepengurusan harus bersama-sama membangun Daerah," tambahnya.

Sekda juga menyinggung soal IPM Lombok Timur yang katanya secara bertahap mengalami kenaikan. Tak hanya itu, realisasi RPJMD Lombok Timur sebut Sekda juga mengalami peningkatan, seperti pada sektor kesehatan terutama penanganan stunting yang sebelumnya berada pada angka 37 persen. 

"Alhamdulillah secara bertahap (IPM -red) mengalami kenaikan terutama dalam kesejahteraan, karenanya ini harus disyukuri jika kita bandingkan dengan Kabupaten lain," pungkasnya. (Kht)
×
Berita Terbaru Update