Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa SMKN 1 Sikur Berangkat Magang ke Malaysia Bulan Maret Mendatang

Monday, January 23, 2023 | January 23, 2023 WIB Last Updated 2023-01-23T10:13:40Z

Pimpinan Perusahaan World Skill Academy saat bertemu siswa-siswi SMK Negeri 1 Sikur

SELAPARANGNEWS.COM - Puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sikur akan melaksanakan kegiatan magang di hotel-hotel Malaysia mulai Bulan Maret mendatang. 


Kegiatan magang tersebut akan diikuti 25 siswa selama enam bulan. Selain mendapat sertifikat American Heart Association (AHA) para siswa SMKN 1 Sikur juga bakal menerima honor magang. 


Hal itu diungkapkan Kepala SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad, M. Pd, kepada wartawan. Hasbi mengaku bersyukur atas hadirnya program magang ke luar negeri bekerjasama dengan World Skill Academy asal Malaysia. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa lulusan-lulusan SMK merupakan anak-anak produktif yang siap diserap dunia usaha dan dunia industri (DU-DI). 


Dalam program magang inipun, selama siswa SMKN 1 Sikur berada di Malaysia akan mendapat tunjangan dari hotel-hotel tempat mereka magang serta mendapat sertifikat "American Heart Association (AHA)".


"Jadi selain siswa kita magang, mengamalkan dan menimba ilmu di Negeri Jiran Malaysia. Mereka juga mendapat honor diantara Rp2,5 juta hingga, Rp5 jutaan," ungkap Hasbi, Minggu 22 Januari 2023.


Maka dari itu, ia berharap kepada para siswa yang dikirim agar sepandai-pandainya mengatur waktu selama berada di Malaysia. Misalnya jika dihitung waktu normal selama enam bulan, para siswa yang magang ini dapat membawa pulang sekitar Rp30 juta lebih. 


Selain itu, lanjut Hasbi, sejumlah guru di SMKN 1 Sikur sudah mengikuti tes dan persyaratan lainnya yang nantinya mendampingi siswa di Malaysia. Guru-guru itu bahkan sudah mengantongi sertifikasi "American Heart Association (AHA)".


"Begitupun dengan siswa SMKN 1 Sikur yang magang ini akan menerima sertifikasi "American Hospitality Academy yang langsung di keluarkan dari Amerika (AHA)," jelasnya. 


Pimpinan Perusahaan, World Skill Academy, Datuk Seri Rizal dan Mr. Kumar, mengungkapkan selama siswa SMKN 1 Sikur mengikuti proses magang di hotel-hotel ternama di Malaysia akan difasilitas tempat tinggal, mendapat tunjangan magang mulai dari 600 ringgit sampai 800 ringgit sebulan. Belum lagi ketika siswa mau melakukan kegiatan magang lembur akan mendapat tunjangan lebih. 


Sementara siswa magang akan mendapat sejumlah sertifikat, mulai dari sertifikat hotel tempatnya magang, sertifikat World Skill Academy dan Sertifikat "American Heart Association (AHA)".


Adanya sertifikat internasional ini menjadi peluang bagi para siswa SMKN 1 Sikur untuk diterima bekerja di hotel-hotel ataupun di dunia usaha dan industri tanah air bahkan luar negeri. Terlebih, perusahaan World Skill Academy sudah membangun kerjasama dengan 56 hotel ternama di Malaysia. 


"Selain memiliki sertifikat internasional, siswa juga dilengkapi dengan skill kerja di hotel-hotel besar bintang empat ke atas di Malaysia. Tentunya ini menjadi peluang bagi siswa SMKN 1 Sikur diterima di dunia pasar kerja setelah lulus nanti," tutupnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update