Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Sukiman Apresiasi Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air Oleh Basarnas

Monday, May 22, 2023 | May 22, 2023 WIB Last Updated 2023-05-22T08:18:39Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy

SELAPARANGNEWS.COM - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melatih sebanyak 50 orang potensi pencarian dan pertolongan terkait teknis pertolongan di permukaan air. 


Kegiatan yang berlangsung Senin (22/5) di Rupatama 2 Kantor Bupati itu diapresiasi Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy. Apresiasi tersebut disampaikan sebelum membuka pelatihan yang dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Mataram.


Menyebut kondisi geografis Lombok Timur yang lengkap termasuk dengan perairan yang luas, memiliki pula potensi kebencanaan di air. Tentunya dibutuhkan keterampilan untuk itu. Ia pun berterima kasih kepada Kantor SAR Mataram yang telah memberikan pelatihan kepada 50 peserta di Lombok Timur. Ia mengingatkan tiga prinsip dalam pelatihan yaitu bertahap, bertingkat, dan berlanjut.


Ia meminta seluruh peserta untuk terus berlatih dan memelihara kemampuan sehingga keterampilan yang sudah diajarkan dapat menumbuhkan keberanian, “Bukan karena urat takut kita sudah putus, tetapi karena kita tahu caranya. Kita berani, lalu kita tahu caranya, maka itu akan bermanfaat,” katanya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pelatihan SDM Pencarian dan Pertolongan Hari Adi Purnomo menyampaikan pentingnya pelatihan tersebut untuk mempermudah koordinasi pencarian dan pertolongan. “Akan lebih efektif dan efisien apabila terintegrasi, sebab tidak mudah diwujudkan apabila tidak adanya sinergi,” ujarnya.


Ia pun mengajak segenap elemen masyarakat baik pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama menyatukan langkah dan berharap melalui pelatihan itu dapat menyamakan pola pikir dan tindakan seoptimal mungkin.


Pembukaan kegiatan ditandai penyerahan tanda peserta oleh Bupati Lombok Timur. Pada kesempatan itu diserahkan pula cendera mata dari kepala pusat pelatihan SDM pencarian dan pertolongan kepada Bupati. (SN) 

×
Berita Terbaru Update