Notification

×

Iklan

Iklan

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Lotim Gelar Diskusi Publik Tangkal Hoax Bersama Organisasi Media dan Pegiat Medsos

Tuesday, May 30, 2023 | May 30, 2023 WIB Last Updated 2023-05-30T08:43:09Z

Bawaslu Lotim Gelar Diskusi Publik Tangkal Hoax Bersama Organisasi Media dan Pegiat Medsos

SELAPARANGNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur bersama Media menggelar sosialisasi tangkal penyebaran Hoax serta pengawasan partisipatif masyarakat dalam sukseskan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 yang berkualitas. 


Kegiatan sosialisasi yang bertemakan Literasi Media Dalam Mereduksi Efek Negatif Hoax Untuk Pemilu Tahun 2024 Yang Berkualitas digelar di Hotel Green Orry Inn Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur, bersama pimpinan Organisasi dan Perusahaan Media serta pegiat Medsos. Selasa (30/5). 


"Media sangat berperan Tangkal Disinformasi yang menyebar di media sosial, dan peran media pula sangat mendukung suksesnya pemilu yang berkualitas," ungkap Ketua Bawaslu Lombok Timur Dr. Retno Sirnopati, M.Hum, dalam sambutannya. Selasa, (30/05/2023). 


Menurutnya, partisipasi pengawasan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan terus melakukan sosialisasi ke semua kalangan, baik ASN, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Disabilitas, Pemilih Pemula, termasuk kepada rekan rekan jurnalis di Lombok Timur


"Bawaslu terus mengajak semua pihak untuk sama-sama melakukan pengawasan partisipatif, serta melakukan pencegahan terhadap semua bentuk pelanggaran yang berpotensi terjadi di lapangan," ucapnya. 


Katanya, Bawaslu Lotim telah mengundang seluruh Camat se Lombok Timur untuk menjaga netralitas ASN, termasuk membentuk kampung-kampung pengawasan dengan tujuan mencegah dari segala pelanggaran pada Pemilu


Terkait data yang dikeluarkan oleh KPU di DPS, dirinya menyampaikan Kekhawatirannya, sehingga Bawaslu melakukan uji sampel dengan melakukan pembuktian faktual di lapangan.


Sementara itu, Yusron Saudi akademisi Muhammadiyah mantan Ketua KPID NTB Periode 2018-2021, dalam paparannya sebagai narasumber mengatakan, di wilayah NTB ini, masyarakatnya masih rawan dengan berita hoaks, karena minimnya literasi bermedia terutama di media sosial (Medsos).


"Pengguna akun Facebook di NTB 3,5 juta, para caleg untuk menyampaikan informasi melalui medsos, sangat efektif, seperti Facebook


" literasi digital dan media dalam melawan hoaks yaitu intinya masyarakat memiliki kecakapan/kemampuan menerima, mengolah dan menyebarkan informasi" katanya

Sehingga Bawaslu akan lebih solid dalam menangkal hoaks, ujaran kebencian dan lainnya.


Sementara itu Kadis Kominfo Lombok Timur Dr. Fauzan, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, dasar hoaks itu terjadi dari orang-orang yang berkepentingan, dengan berjalannya tahapan pemilu 2024, jadi literasi media ini memberikan literasi kritis kepada khalayak agar terwujud menanamkan sikap kebenaran (tabayyun) dan menguatkan literasi digital.


 "Teman-teman wartawan mempunyai peran penting untuk memberikan masyarakat penilaian yang baik atas kepercayaan dengan konten keaslian berita dengan menjauhi hoaks" sebutnya.


Selain itu, Menumbuhkan budaya verifikasi merupakan tanggungjawab yang besar yang harus dimiliki oleh wartawan jangan sampai manipulasi terjadi disekitar kita, 


"mari bersama-sama mengawal Pemilu 2024 dengan menciptakan keamanan di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," katanya.


Sementara itu, Sahnan anggota Bawaslu Lotim ini juga mengatakan, Bawaslu hanya bisa menindak lanjuti akun-akun resmi yang didaftarkan di KPU, sementara akun diluar penanganannya masuk di UU ITE,


Sedangkan terkait, pelanggaran, Bawaslu melakukan penanganan kalau ada laporan masyarakat dan temuan yang merupakan hasil pengawasan. (SN) 

×
Berita Terbaru Update