Notification

×

Iklan

Iklan

Panwascam Pringgabaya Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di SMKN 1 Pringgabaya

Tuesday, July 18, 2023 | July 18, 2023 WIB Last Updated 2023-07-18T01:08:04Z

Suriadi, S. Sy., M.E. Ketua Panwaslu Kecamatan Pringgabaya saat menyampaikan materi Kepemiluan di SMKN 1 Pringgabaya

SELAPARANGNEWS.COM - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di SMK Negeri 1 Pringgabaya. Selasa, (18/07/2023). 


Kegiatan tersebut dihadiri semua Komisioner dan Staff Panwascam Pringgabaya, PKD Pringgabaya Utara, Kepala Sekolah, para Guru dan seluruh siswa-siswi SMKN 1 Pringgabaya.


Ketua Panwascam Pringgabaya Suriadi menyampaikan peran penting partisipasi siswa-siswi dalam meyambut dan mensukseskan pemilu 2024 mendatang. "Adik-adik sebagai ujung tombak generasi penerus bangsa, harus terlibat dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas, berkualitas dan bertanggung jawab," paparnya.


Ia juga menguraikan pentingnya keterlibatan siswa siswi mengawasi proses pemilu terutama lokasi-lokasi yg dilarang sebagai tempat kampanya. "Adik-adik siswa dan para guru harus ingat, bahwa haram hukumnya berkampanye di lembaga pendidikan, gedung pemerintah dan tempat ibadah, jika adik-adik menemukan hal tersebut, jangan ragu, jangan takut, laporkan ke kami, identitas pelapor dijamin kerahasiaannya" tegasnya.


Selain itu, Ketua Panwascam juga menguraikan bahwa, Tujuan dari Pengawasan Partisipatif tidak melulu mengawasi peserta pemilu, ia juga bisa melaporkan temuan yang menyangkut penyelenggara Pemilu.


"Tidak hanya proses kampanye, adik-adik juga bisa melaporkan penyelenggara pemilu, jika adik-adik menemukan ada kejanggalan di tempat tinggal adik-adik," tandasnya.


Suriadi menambahkan, kegiatan itu akan dilakukan di beberapa sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kecamatan Pringgabaya. "Kita akan roadshow," tandas Suriadi.


Pasalnya, kata dia, jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Kecamatan Pringgabaya tertinggi kedua setelah Kecamatan Masbagik. "Ini salah satu upaya kami dalam meningkatkan partisipasi pemilih demi pemilu yg berkualitas itu," jelasnya.


Kegiatan sosialisasi tersebut disambut baik oleh kepala sekolah SMKN 1 Pringgabaya, dan para guru, bahkan sebagian guru juga ikut menyimak materi yang disampaikan oleh Ketua Panwascam Pringgabaya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update