Notification

×

Iklan

Iklan

Relawan RKDD Sembalun Timba Gading Sinergi dengan KKN Tematik Undikma Adakan Literasi Digital

Thursday, November 16, 2023 | November 16, 2023 WIB Last Updated 2023-11-16T13:29:51Z

Foto bersama usai Pelatihan Literasi Digital di Aula Kantor Desa Sembalun Timba Gading

SELAPARANGNEWS.COM - Relawan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur bersinergi dengan para Mahasiswa-Mahasiswi yang tengah mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa tersebut mengadakan Pelatihan Literasi Digital. 


Kegiatan yang digelar Kamis, (16/11/2023) di Aula Kantor Desa Sembalun Timba Gading itu menghadirkan Ahyar Rosidi sebagai pemateri, seorang praktisi jurnalistik dan Pemimpin Redaksi media di Lombok Timur. 



Dalam sambutannya mewakili Kepala Desa, Sekretaris Desa Sembalun Timba Gading Adi Hermawan menyambut baik kegiatan tersebut. Bahkan dengan tegas Ia mengatakan bahwa pihaknya siap mensupport kegiatan RKKD Desa Sembalun Timba Gading ke depan. 


Menurutnya, kegiatan yang bersifat digital seperti itu, baik yang sifatnya pengembangan website maupun Jurnalistik Desa harus tetap dikembangkan. Pasalnya, kata dia, hal itu merupakan kebutuhan pemerintah dan masyarakat Desa saat ini.


"Kami berharap peserta yang nantinya menjadi bibit Jurnalis Desa harus bisa membangun dan membantu desa untuk mengembangkan desa, baik dari portal media elektronik maupun media sosial sehingga kegiatan dan potensi desa dapat diketahui oleh banyak orang baik masyarakat lokal maupun masyarakat luar dan internasional," harapnya. 


Sekdes kembali berharap supaya kegiatan semacam itu bisa terus dilakukan dan dikembangkan hingga benar-benar membuahkan hasil yang dapat dirasakan manfaatnya. 


Sementara itu, Duta Digital Kabupaten Lombok Timur Khaeri, M.Si., mengaku terbantu dengan adanya kolaborasi dengan Mahasiswa KKN Tematik Undikma yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut. 


Pasalnya, kata Khaeri, Mahasiswa bisa secara langsung mendampingi masyarakat dan karang taruna dalam praktik baik menjadi jurnalis Desa nantinya. "Alhamdulillah Karang Taruna, Koordinator Wilayah, serta peserta yang lainnya merasa antusias untuk mengikuti kegiatan jurnalistik Desa ini," kata Khaeri. 


Ia berharap Pemerintah Desa bisa mensupport program tersebut agar dapat berkesinambungan. Kegiatan ini, kata dia, tidak selesai sampai hari ini saja, melainkan akan tetap ada pendampingan untuk Jurnalistik Desa.


Ketua KKN Tematik Undikma Lalu Habib Rukmayadi menilai bahwa kegiatan yang dilakukan Relawan Komunitas Digital Desa di bawah Duta Digital itu sangat positif bagi masyarakat. "Menurut saya itu adalah kegiatan yang sanga positif, karena tujuannya adalah untuk membangun literasi sosial di masyarakat," ujarnya. 


Menurutnya, peran pemuda dan Pemerintah Desa sangat penting dalam mewujudkan Literasi Sosial tersebut yang dikoordinir oleh Kepala Desa. 


Ia berharap, Kepala Desa mampu menggerakkan semua elemen masyarakat untuk mendukung implementasi dari tujuan kegiatan tersebut, termasuk berkolaborasi dengan mahasiswa yang tengah melakukan studi di Desa Sembalun Timba Gading. 


Selain itu, kata dia, Pelatihan Literasi Digital itu juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mempromosikan produk yang dihasilkan, termasuk potensi yang ada di Desa tersebut. "Era sekarang kan serba digital, maka pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update