Notification

×

Iklan

Iklan

Ruang Komunitas Digital Desa Kerongkong Adakan pelatihan Jurnalistik Desa

Monday, November 13, 2023 | November 13, 2023 WIB Last Updated 2023-11-13T09:14:37Z

Foto Bersama usai Pelatihan Literasi Digital Pembangunan Desa Berbasis Website dan Jurnalistik di Balai Musyawarah Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur

SELAPARANGNEWS.COM - Ruang Komunitas Digital Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur mengadakan pelatihan Literasi Digital Pembangunan Desa Berbasis Website dan Jurnalistik kepada para pemuda. Senin, (13/11/2023). Para pemuda Desa Kerongkong terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai, Polmas dan Babinsa Kerongkong juga terlihat bersemangat. 

Kegiatan yang digelar di Balai Musyawarah Kantor Desa Kerongkong itu menghadirkan Ahyar Rosidi, seorang Jurnalis dan Pemimpin Redaksi sebuah media di Lombok Timur sebagai pemateri, di mana pemateri menutup penyampaiannya dengan praktek membuat berita kepada para peserta. 

Duta Digital Lombok Timur Khaeri, M. Si., yang hadir pada kegiatan itu menjelaskan bahwa Pelatihan Literasi Digital ini digelar dalam rangka memperkuat Sumber Daya Manusia di Desa Kerongkong, khususnya para pemuda, supaya bisa memanfaatkan ruang-ruang teknologi digital dalam membangun Desa.

Karena itu, kata dia, salah satu konten pelatihan yang diberikan ialah berkaitan dengan cara mengelola website dan teknis membuat karya tulis jurnalistik. "Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat, khususnya pemuda Desa Kerongkong lebih bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mempublikasikan potensi-potensi yang ada di Desa," jelasnya.

Sehingga, simpul Khaeri, informasi-informasi yang berkaitan dengan Desa Kerongkong, termasuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan, bisa terekspos untuk diketahui masyarakat luas, baik melalui website Desa atau akun-akun media sosial yang ada. "Harapan kita, masyarakat bisa menjadi agen-agen informasi Desa ke depan," imbuhnya. 



Sementara itu, Sekretaris Desa Kerongkong Ramli Ahmad menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang telah memilih Desa Kerongkong sebagai salah satu Desa Cerdas (Smart Villages) di Kabupaten Lombok Timur. 

Pasalnya, kata Ramli, dengan adanya program itu, kegiatan seperti Pelatihan Literasi Digital itu bisa dilaksanakan. Menurutnya, hal itu sangat membantu pemerintah Desa dalam penggunaan media digital sebagai basis pembangunan di Desa. 

"Sekarang ini kan era digital, mau tidak mau kita akan masuk ke sana, maka kami sangat beruntung bisa mendapatkan program pelatihan seperti ini," ujarnya. 

Ramli mengakui bahwa pemerintah Desa merasa sangat terbantu dengan adanya Ruang Komunitas Digital di Desa Kerongkong, apalagi dengan program pelatihan yang dilakukan tersebut. Pasalnya, kata Ramli, banyak potensi Desa Kerongkong yang perlu diekspos ke luar, termasuk juga keberadaan UMKM di Desa tersebut. 

Ia berharap, ke depan, pelatihan semacam itu juga bisa menyasar para pelaku UMKM itu, supaya mereka bisa memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk-produknya. 

Ramli Ahmad membeberkan bahwa nantinya, pelayanan di Kantor Desa akan dilakukan berbasis digital, sehingga masyarakat yang ingin mengurus berkas dan dokumen apapun, bisa dilakukan dari rumah. "Nantinya masyarakat yang mau dilayani secara digital, tinggal akses lewat website," pungkasnya. (Yns) 
×
Berita Terbaru Update