Notification

×

Iklan

Iklan

Buka Angkatan Pertama, BLKK Al-Latifiyah Maksimalkan Jurusan IT

Sunday, August 9, 2020 | August 09, 2020 WIB Last Updated 2021-04-15T10:28:48Z
Acara pembukaan pelatihan berbasis kompetensj kejuruan teknik informatika di BLKK Al-Latifiyah Sampang Tiga dihadiri oleh Kasi Pelatihan Disnaker Lotim Saharuddin, SIP beserta jajaran pengurus BLKK
Lombok Timur, Selaparangnews.com – Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Al-Latifiyah yang berlokasi di Simpang Tiga Desa Pandandure, Kecamatan Terara Lombok Timur (8/8) telah membuka angkatan pertama pelatihan jurusan Tehnik Informatika. “Peserta kami harapkan bisa maksimal berlatih disini,” pinta Saharuddin, SIP selaku Kepala Seksi Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur saat memberikan sambutan. Minggu, (09/08/2020).

Saharuddin juga menghimbau agar peserta konsisten dengan niat awal untuk mengasah kemampuannya dibidang informatika. Mengingat kebutuhan dasar saat ini yang mengharuskan masyarakat global harus melek teknologi.

“Sertifkat yang dikeluarkan oleh BLKK sesuai dengan standar Kementerian Tenaga Kerja,” katanya. Dengan begitu peserta tidak perlu khawatir jika mendapatkan nilai yang bagus setelah dari BLKK, karena kemungkinan besar akan diprioritaskan di tempat kerja nantinya.

Peserta yang melaksanakan pelatihan di BLKK Al-Latifiyah saat ini sebanyak 16 orang, “mereka akan giat berlatih selama satu bulan,” ungkap Muh. Saipul Achyar, S.Pd, Kepala BLKK Al-Latifiyah.

Achyar juga mengharapkan, setelah proses pelatihan yang dilakukan oleh peserta nantinya telah selesai agar bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Lebih lanjut lagi, bisa menyerap tenaga kerja yang berkompeten dalam bidang informatika.

“Intinya luruskan niat untuk belajar,” imbuh Achyar, karena memang betul saat ini dunia telah menyodorkan digitalisasi. Melihat kondisi saat ini telah didominasi sebagian besar oleh teknologi.

Jurusan yang terdapat di BLKK AL-Latifiyah yaitu Tehnik Informatika yang menghimpun pengetahuan dasar tentang materi komputer serta seluruh komponen yang ada di dalam komputer tersebut.

Dengan demikian pelatihan yang dilakukan tentu berbeda dengan lembaga pelatihan lainnya. Sebab, BLKK adalah program yang terkoneksi langsung dengan kemnaker yang pusatnya di BLK Internasional Lenek.

Adapun pembinaan dilakukan selama tiga tahun oleh kemnaker kepada BLKK, setelah itu diharapkan BLKK bisa mandiri serta berjalan sesuai dengan standar manajemen yang sudah ditentukan oleh Kemnaker.

Total fasilitas program yang didapatkan BLKK AL-Latifiyah dari Kemnaker tahun 2019 yaitu 17 komputer, satu laptop, dua buah printer, proyektor LCD, dan kelengkapan komputer lainnya.

“Programnya tidak tentu, kadang-kadang yang satu tahun itu 4 atau 5 program saja”, tandas Achyar. (SN-06)
×
Berita Terbaru Update