Notification

×

Iklan

Iklan

Stok Beras 5.408 Ton, Bulog Lotim Yakin Aman Sampai Akhir Tahun

Thursday, August 20, 2020 | August 20, 2020 WIB Last Updated 2021-04-13T09:52:13Z
Foto: Harisun, Kepala Cabang Bulog Lombok Timur Saat Ditemui Di Kantornya Sub Devisi Regional III Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Bulog Lombok Timur menyakini stok beras yang ada saat ini sampai akhir tahun aman. “Total beras yang sudah digiling saat ini (18/8) ada 5.408 ton”, terang Harisun, Kepala Cabang Bulog Lombok Timur. Rabu, 19/8/2020

Ia merincikan, stok sampai dengan hari ini (18/8) gabah sebanyak 6.500 ton, beras 743 ton,  dan hasilnya yang telah digiling maka akan menjadi total 5.408 ton. Dengan stok tersebut, bisa saja bertambah karena bulog tetap akan mengadakan penyerapan ke para petani sampai dengan akhir tahun.

Menurutnya jika mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP), beras yang diserap tersebut harus melalui petani lokal yang berada di wilayah Lotim. Tapi sebagian juga ada yang dari Lombok Tengah, sebab terkadang ada lahan petani Lotim yang berbatasan dengan wilayah Loteng.

Yang terpenting ialah, serapan gabah tersebut wajib dari hasil panen baru. “Kita tidak diperbolehkan mengambil gabah hasil panen lama,” tandas Harisun. Itulah fungsi dari petugas quality control, yang mendata dengan detail spesifikasi dari beras tersebut

Pembelian jenis beras sendiri, Harisun mengatakan jenis beras yang harus dibeli oleh bulog adalah yang berkualitas medium. Kecuali kalau terdapat pemesanan khusus, barulah bulog membeli kualitas beras yang medium.

Tapi untuk stoking beras jenis premium, bulog tidak diperbolehkan. “Masa umur simpan dari beras premium hanya maksimal satu bulan di gudang kami,” jelas Harisun. Untuk beras jenis mediumpun, jika ingin di keluarkan dari gudang biasanya melalui penugasan, jadi tidak serta-merta keinginan pribadinya.

“Misalkan ada acara TNI setiap bulannya, operasi pasar baru, atau terdapat bencana alam, maka barulah kita akan mengeluarkan stok,” tutupnya. (SN-06)
×
Berita Terbaru Update