Notification

×

Iklan

Iklan

Wujudkan Desa Aman Covid-19, Kadis PMD Lotim: Desa Wajib Pengadaan Masker

Wednesday, August 19, 2020 | August 19, 2020 WIB Last Updated 2021-04-13T09:54:43Z
Foto: M. Hairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Merujuk pada surat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan nomor: S.2294/HM.01.03/VIII/2020, yang ditujukan kepada semua kepala desa di seluruh Indonesia, maka masker tersebut wajib diadakan oleh Pemerintah Desa di Lombok Timur dengan jumlah 4 masker per warga. 

"Satu desa di wajibkan membelikan masyarakat nya 4 buah masker. Lalu di kalikan dengan jumlah penduduk kali sekian harga tergantung dari pihak mana yang di pakai". Ungkap M. Hairi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur ketika di wawancarai oleh awak media, Selasa, 18/08/2020.

Lebih lanjut Hairi menjabarkan bahwa setiap kepala desa wajib melakukan pengadaan masker kain yang bisa dicuci sebanyak empat (4) buah untuk satu orang warga. teknisnya ialah dua masker diadakan dengan dana desa melalui Bumdes, lalu dua masker lainnya melalui swadaya warga yang mampu (gotong royong).

Sesuai dengan arahan dari Kemendes PDTT Itulah kemudian Dana Desa digunakan untuk mengentaskan penanganan program setengah miliyar masker. Akan tetapi untuk target penyelesaiannya di targetkan secepatnya rampung.

"Pengadaan masker ini di wajibkan untuk semua Desa melalui Dana Desa tahap akhir ini". Jelasnya
Sementara itu untuk pengawasan ia menegaskan jika semua punya hak untuk mengawasi hal tersebut terutama media untuk bagaimana mensukseskan program setengah miliar masker ini.

"Jadi kalaupun ada Desa yang mengatakan kalau pembuatan masker itu tidak di wajibkan maka kami akan buatkan surat untuk mewajibkan semua Desa membuat masker nantinya. selain itu uang yang ada di Desa itu adalah uang rakyat. Oleh karena itu kami menekankan kepada Desa untuk membuat masker, satu masyarakat 4 masker". Tegasnya (SN-07)

×
Berita Terbaru Update