Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kualitas Guru, SMKN 1 Pringgabaya Adakan Workshop Sekaligus Teken MoU Dengan PT. Inovasi Teknologi Desa

Thursday, October 22, 2020 | October 22, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T16:52:28Z

Foto: Acara Pembukaan Workshop dan Sosialisasi Pengembangan Pembelajaran SMK Center of Excellence (CoE) di SMKN 1 Pringgabaya

Lombok Timur, Selaparangnews.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas Guru, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur pada 22 Oktober 2020 telah mengadakan Workshop dan Sosialisasi Pengembangan Pembelajaran SMK Center of Excellence (CoE). Kegiatan itu dirangkai dengan penanda tanganan MoU dengan pihak PT. Inovasi Teknologi Desa.

Kepala SMKN 1 Pringgabaya, Ir. Bambang Setiaji Waluyantono mengungkapkan, khusus untuk kegiatan pelatihan itu akan dilaksanakan selama 3 hari ke depan, yakni dari tanggal 22 hari ini hingga 24 Oktober mendatang. Adapun dalam acara pembukaan hari ini, Kegiatan itu dihadiri oleh seluruh elemen pendidikan, mulai dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD) Lotim, Unsur Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (Iduka),  Direktur Utama (Dirut) PT. Inovasi Teknologi Desa serta sekitar 92 peserta.

Dia menambahkan, kegiatan peningkatan kualitas guru dan siswa yang akan berlangsung selama 3 hari ke depan itu dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan wawasan, kompetensi guru dan sisiwa dalam bidang Tekhnik, Energy Surya Hidro dan Angin atau disingkat TESA.

“Ini lebih pada pendampingan untuk peningkatan wawasan guru dan siswa dalam bidang Tekhnik, Energy, Surya, Hidro dan Angin (TESA), yang ditambah dengan tekhnik untuk melakukan hubungan dengan industri yang disiapkan” ungkapnya. Kamis, 22/10/2020

Kendati hari pertama diikuti oleh banyak orang dari berbagai elemen, lanjutnya, namun untuk hari kedua dan ketiga hanya akan diikuti oleh 25 orang guru, yakni khusus untuk guru yang ada di jurusan TESA tersebut.

“Jadi untuk hari pertama ini kita lakukan sosialisasi untuk semua guru dan khusus hari kedua dan tiga itu khusus diklat untuk guru-guru yang di jurusan TESA, ditambah dengan guru-guru yang ada TIFS seperti guru Fisika, Kimia, Matematika, Dan Bahasa Inggris,” paparnya.

Foto: Pihak SMKN 1 Pringgabaya Teken MoU dengan PT. Inovasi Teknologi Desa

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Habib Azmi, S,Pd menyampaikan bahwa mengenai penanda tanganan MoU (Memorandum Of Understanding) dengan PT. Inovasi Desa itu merupakan kerja sama yang ketiga yang dilakukan SMKN 1 Pringgabaya. Karena sebelumnya, kata dia, ada dua perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan  SMKN 1 Pringgabaya.

Dia menyebutkan, di antara perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan SMKN 1 Pringgabaya ialah PT. Daekin untuk jurusan Tehnik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) dan PT. Astra Honda Motor (AHM) untuk jurusan Tehnik Sepeda Motor (TSM).

“Tuntutan dari SMK itu kan harus punya institusi pasangan. Nah, kita di SMKN 1 Pringgabaya ada 12 jurusan dan kita baru punya gandengan 3 industri yang secara resmi kita ada MoU, di antaranya misalnya untuk jurusan TESA kita kerja sama dengan PT. Inovasi Desa, untuk Jurusan TPTU kita kerja sama PT. Daekin, dan untuk jurusan TSM kita kerja sama dengan PT. AHM,” sebutnya.

Habib juga menjelaskan, bentuk kerja sama yang dibuat dengan industri itu ialah, adanya ruang bagi guru dan siswa untuk bisa magang. Tidak hanya itu, lanjutya, dan pihak industri juga menyelenggarakan pelatihan dan mengeluarkan sertifikasi untuk guru.

“Bentuk kerja sama kita itu ialah guru dan siswa itu bisa Magang dan PKL di sana, di samping juga mereka memberikan pelatihan dan sertifikasi untuk para guru,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa semua  jurusan yang ada di SMKN 1 Pringgabaya akan diusahakan bisa bisa bekerja sama dengan industry yang selaras untuk jadi pasangannya. Dan untuk sekarang ini. Katanya, pihak sekolah tengah membangun komunikasi dengan beberapa perusahaan untuk menjalin kerja sama yang lebih serius.

“Sudah ada tiga industri yang sedang kita usahakan sekarang masih bangun komuniksai, ya masih kita pada tahap penjajakan untuk membangun kerja sama secara resmi” tutupnya (izi)

×
Berita Terbaru Update