Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Hari Pahlawan, PD Pemuda NW Lotim Gelar Lomba Menghafal Biografi Maulanasyaikh

Thursday, November 5, 2020 | November 05, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T16:18:45Z


Lombok Timur, Selaparangnews.com – Berbeda dengan lomba tahun lalu. Kegiatan semarak Hari Pahlawan 2020 ini, Pimpinan Daerah Pemuda NW Lotim membuat terobosan baru dengan melombakan Menghafal Biografi Pahlawan Nasional Asal NTB (Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid) yang dipusatkan di Aula Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani selama tiga hari, Senin-Rabu 02-04 November 2020.

“Lomba menghafal biografi Maulanasyaikh ini direspon baik, buktinya, tercatat sekitar 64 pelajar, baik negeri maupun swasta ikut ambil bagian dalam lomba yang cukup menantang ini dan pertama kali diadakan di NTB,” kata Irwan, Ketua Panitia  saat penutupan dan pembagian hadiah kepada para juara, Rabu. 04/11/2020.

Lanjutnya,  dari 64 peserta tersebut, disaring menjadi 10 besar terbaik kembali dilombakan di babak final untuk mendapat para juara yang memiliki kualitas, dan kemampuan hafalan. Karena bukan saja soal penguasan materi yang dinilai dewan juri, tapi berbagai asfek dinilai seperti, intonasi, artikulasi, kerapian pakaian maupun ekspresi peserta  menjadi kriteria penilaian.

“Lomba menghafal biografi ini dimaksudkan agar para pelajar dan masyarakat lebih mengenal satu-satunya Pahlawan Nasional asal NTB. Kita mengenalkan secara rinci bagaimana kiprah dan perjuangan Maulanasyaikh mengusir penjajah dan membangun bangsa Indonesia di awal kemerdekaan kepada generasi milenial, agar mereka tetap bangga dengan para pejuangnya yang gagah berani,”tandasnya.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda NW Lotim, Hasanah Efendi, mengaku rangkaian kegiatan Hari Pahlawan ini dimulai sejak tanggal 1-10 November 2020. Adapun kegiatan dan lomba yang dilaksanakan antara lain, Lari Maraton 10 KM, Lomba Menghafal Biografi Pahlawan Nasional Asal NTB, Cerdas Cermat Ke NW an, Deklamasi Puisi Kepahlawan, Seminar Kepahlawanan dan Launching Buku Proses Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional, Gowes dan puncaknya apel Hari Pahlawan 10 Nopember 2020.

“Tahun ini adalah tahun ke 3 kita merayakan Hari pahlawan secara besar-besaran, sejak dinobatkan Maulanasyaikh menjadi Pahlawan Nasional, pada 2017 lalu,”ungkapnya.

Keluar sebagai juara I pada lomba menghafal Biografi Pahlawan Nasional asal NTB adalah Baiq Maulida Utami peserta, utusan SMA Ulil Albab NW Gegek dengan nilai 279. Juara kedua diraih M. Zulhilmi Hidayatullah, peserta utusan MAK Hamzanwadi II dengan nilai 275, dan juara III direbut Siti Nikmatul Maula, utusan dari MTs. Muallimat NW Anjani dengan nilai 273.

“Masing-masing juara I - III berhak mendapat Piala, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan, sedangkan juara harapan sampai dengan 10 besar mendapatkan Piagam Penghargaan,” tutupnya. (SN-Red)

×
Berita Terbaru Update