Notification

×

Iklan

Iklan

Upacara Hari Pahlawan, Pemkab Lotim Gaungkan "Pahlawanku Sepanjang Masa"

Tuesday, November 10, 2020 | November 10, 2020 WIB Last Updated 2021-04-01T15:56:45Z


Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menyuarakan tema besar peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun ini yaitu "Pahlawanku Sepanjang Masa" Pada saat upacara peringatan yang berlangsung khidmat di Kantor Bupati Lombok Timur, dihadiri juga oleh jajaran dari TNI dan Polri, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lotim.

Turut pula dihadiri oleh Kapolres Lotim AKBP. Tunggul Sinatrio, S.IK., MH., Dandim 1615/Lotim Letkol inf Agus Prihantono Donny, S.Ip dan Sekretaris Daerah Lotim H. M. Juaini Taofik, M.Ap.

H. M. Sukiman Azmy selaku Bupati Lotim saat menjadi inspektur upacara menerangkan, meskipun pegelaran HPN saat ini berbeda dengan tahu lalu, karena pandemi Covid-19. Namun itu tidak menjadi kendala, untuk tetap mengobarkan semangat juang dari Pahlwan yang telah gugur.

"Meskipun pandemi Covid-19, namun itu tidak menjadi alasan kita untuk tidak mengikuti semangat juang dari para Pahlawan," ujar Bupati. Selasa, 10/11/2020.

Ia mengingatkan agar masyarakat, khususnya di Lotim jangan hanya menirukan semangat juang dari Pahlawan ketika tanggal 10 November. Akan tetapi, contoh yang baik dari seluruh Pahlawan yang telah gugur di Indonesia harus menjadi acuan dasar untuk memotivasi diri.

Agar jiwa Pahlawan tetap melekat dalam diri, Kata Sukiman hal mendasar harus tetap diingat ialah bagaimana pertumpahan darah yang mengalir, ketika pahlawan mempertahankan kedautalan Indonesia.

Sebab dengan begitulah, lanjutnya, itu akan memperkokoh semangat juang untuk menjalani kehidupan sehari-hari. "Pahlawan Indonesia harus tekenang sepanjang masa oleh kita semua," peringatnya.

Dirinya pada kesempatan itu, menghimbau agar seluruh warga Lotim bisa berkonstribusi kepada bangsa dan negara, tentunya dengan cara yang baik. Minimal kata Bupati masyarakat bisa mengkampanyekan saling tolong menolong pada aktivitas sehari-hari.

Salah satu acuan dasar yang Bupati sebutkan yakni perkataan dari The Faunding Fathers (Ir. Soekarno) bahwa bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

"Dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional ini, mari kita jadikan sebagai bentuk penghargaan kita sebagai warga Indonesia kepada para Pahlawan yang telah gugur di medan perang," himbaunya. (fgr)

×
Berita Terbaru Update