Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

H. Rumaksi: Program Smart City BNI Punya Kaitan Dengan Program Pemkab Lotim

Jumat, 26 Februari 2021 | Februari 26, 2021 WIB Last Updated 2021-03-29T20:15:20Z


 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur mengikuti pemaparan ekosistem Pemerintah Daerah terkait Smart City yang ditawarkan PT. BNI (Persero) Tbk. 


Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj menyempatkan diri hadir mengikuti pemaparan yang disampaikan Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Pusat, Hermita.


Membuka acara yang berlangsung Jumat, 26 Februari 2021 itu, Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sjamsuddin, SH. menyampaikan bahwa Program Smart City yang ditawarkan PT. BNI (Persero) Tbk. memiliki keterkaitan dengan lomboktimur-net yang merupakan salah satu program Pemkab Lotim untuk meningkatkan akses dan keterhubungan masyarakat secara digital.


H. Rumaksi menjelaskan, akses internet melalui program lomboktimur-net itu akan menjangkau seluruh dusun di 254 desa/kelurahan yang ada di daerah ini. 


Menurutnya, program yang juga dihajatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu dapat dimanfaatkan oleh BNI untuk mewujudkan digitalisasi keuangan melalui smart city. 


"Pemerintah Daerah Lombok Timur dan BNI memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan Good Governance (tata kelola yang baik -red)," ujarnya. 


Dijelaskan oleh Hermita, Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Pusat bahwa konsep Smart City yang ditawarkan BNI merupakan integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari. 


Tujuannya, kata dia, ialah efisiensi, perbaikan pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan warga. 


Lebih detail program ini, lanjutnya, diharapkan dapat mewujudkan layanan masyarakat terpadu dan bebas pungli, penerimaan pajak dan retribusi cepat dan tepat, termasuk terwujudnya transaparansi, meningkatkan kepercayaan publik, kemudahan akses pembayaran, pelayanan publik menjadi adil, sederhana, cepat, mudah, terbuka, dan wajar dan terjangkau, bahkan dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


"Upaya tersebut mencakup semua aspek seperti Smart Government,  Smart Living, Smart Environment, Smart Economy, Smart People, dan Smart Mobility," jelasnya. 


Dia melanjutkan, BNI merupakan lembaga perbankan yang telah menandatangani MoU dengan Kementerikan Komunikasi dan Informatika untuk mendukung target 100 Smart City. 


Saat ini, tuturnya, BNI akan menjalankan program tahap pertama dengan merangkul 24 kabupaten/kota yang sudah suport dengan program smart city salah satunya Kabupaten Lombok Timur yang akan dipadukan dengan lomboktimur.net nantinya. 


Hadir pada kesempatan tersebut pimpinan BNI Kantor Wilayah Denpasar Made Dhany Pratiwi, Pimpinan BNI Kantor Wilayah Mataram, dan Kepala OPD Lombok Timur dengan memberlakukan protokol kesehatan. (Red) 


×
Berita Terbaru Update