Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

SDM PKH Lotim Kunjungi Masyarakat Terdampak Banjir di Bima

Minggu, 11 April 2021 | April 11, 2021 WIB Last Updated 2021-04-10T16:16:48Z

Foto: SDM PKH Lombok Timur saat mendatangi para korban bencana Banjir di Kabupaten Bima

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Bencana banjir yang melanda Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) belum lama ini,  menyisakan duka mendalam bagi kita semua.


Banyak orang tergerak turun ke jalan mencari donasi dan uluran tangan para  dermawan, hanya untuk membantu meringankan beban mereka yang terdampak, sebagai bentuk rasa peduli pada sesama.


Hal itu juga yang mendorong sejumlah SDM PKH (Program Keluarga Harapan) Kabupaten Lombok Timur untuk terjun langsung ke Kabupaten Bima untuk ikut berpartisipasi memberikan dorongan semangat dan motivasi serta bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban keganasan alam tersebut.


Koordinator Kabupaten  (Korkab) PKH Kabupaten Lombok Timur, Harmain Zuhri menceritakan bahwa kedatangan mereka ke sana itu tidak hanya memberikan bantuan berupa sembako, melainkan juga memberikan terapi berupa trauma healing, terutama bagi anak-anak.


"Yaa, Sebagai bentuk solidaritas sosial kita kepada sesama maka Kami dari  SDM PKH Lombok Timur juga ikut berpartisipasi pada kegiatan bakti sosial yang diisi dengan bagi-bagi sembako dan juga pelayanan trauma healing kepada masyarakat terdampak banjir di Bima," ucapnya. Sabtu, 10/04/2021.


Menurutnya, trauma healing itu juga tidak kalah penting bagi para korban bencana alam, karena mental anak-anak yang terdampak juga perlu dipulihkan. Kegiatan  tersebut, lanjutnya, berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 10 dan 11 April 2021.


Harmain mengatakan, rombongan mereka diterima oleh Dinas Sosial Kabupaten setempat yang diwakili Kepala Bidang Linjamsos yang sekaligus sebagai Ketua PPKH Kabupaten Bima.


"Beliau tentu saja mengucapkan terimakasih yang mendalam atas kedatangan dan kepedulian SDM PKH Lombok Timur. Karena dengan kehadiran bantuan tersebut sangat membantu masyarakat," tambahnya.


Katanya, dari sana juga Ia tahu bahwa banyak KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan pendamping PKH yang menjadi korban banjir, bahkan ada yang rumahnya mengalami rusak berat.


Harmain melanjutkan, kegiatan philanthropy itu bisa terwujud atas kerja sama semua SDM PKH Lombok Timur, sehingga total bantuan yang berhasil dihimpun dan diserahkan kepada masyarakat yang terdampak ialah sekitar Rp. 17. 200. 000.


"Seratus persen SDM PKH ikut berkontribusi mengumpulkan bantuan uang dengan total  yang terkumpul sebesar Rp. 17.200.000," imbuhnya.


Dari dana yang terkumpul itulah, lanjut Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Lotim ini, dipakai untuk membeli bahan-bahan yang sangat dibutuhkan, seperti pampers, sabun mandi, deterjen untuk mencuci, bahan-bahan makanan seperti mie instan, mie kering, telur, dan lain sebagainya.


"Kami berangkat langsung ke Bima pada hari Jum'at  menggunakan sebuah truk yang membawa sembako dan satu mobil pemerintah daerah untuk 14 orang personil yang mewakili SDM PKH Lombok Timur," ungkapnya seraya menyebutkan satu persatu, yakni mulai dari Korkab (Koordinator Kabupaten), Korcam (Koordinator Kecamatan) dan beberapa anggota.


Begitu selesai serah terima secara simbolis, sambungnya, Tim PKH Lombok Timur langsung turun ke lokasi Banjir yaitu di Desa Pela, Kecamatan Monta, Kabupaten, Bima.


Desa tersebut, kata Harmain, termasuk lokasi yang terdampak cukup parah. "Di sana kita langsung bertemu dengan  KPM dan para lansia untuk memberikan bantuan sembako dan sedikit uang," tuturnya sembari mengatakan bahwa setelah itu dilanjutkan dengan memberikan trauma healing kepada anak-anak korban  banjir.


"Suasana kebatinan sangatlah terasa, sedih dan haru bercampur aduk melihat kondisi rumah-rumah yang rusak parah, apalagi saat anak-anak itu bercerita tentang ketakutannya atas kejadian mengerikan itu, sedih sekali rasanya," kata Harmain.


Kehadiran mereka di sana tentu sangat dirasakan manfaatnya di tengah kesedihan dan trauma yang dirasakan masyarakat, karena itulah dia mengajak pada semua pihak, LSM, Ormas, Pemuda, Mahasiswa, Para Pegiat Sosial untuk menunjukkan solidaritas dan kepedulian  terhadap mereka yang sedang dilanda musibah.


Harmain mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan semua SDM PKH yang ikut berkontribusi dalam kegiatan tersebut.


"Atas semua itu kami ucapkan Terimakasih.  Semoga itu semua tercatat sebagai amal kebaikan kita di sisi Allah SWT," pungkasnya. (yns)

×
Berita Terbaru Update