Notification

×

Iklan

Iklan

Pemred Media Online Tewas Ditembak, Wartawan Lotim Gelar Aksi Solidaritas

Tuesday, June 22, 2021 | June 22, 2021 WIB Last Updated 2021-06-22T05:30:18Z


 

Lombok Timur, Selaparangnews.com -  Sebagai bentuk solidaritas atas peristiwa pembunuhan yang menimpa salah satu wartawan sekaligus pemimpin redaksi (Pemred) Media Online di Nagori Karang Anyer, Kabupaten Simalungan, Provinsi Sumatera Utara, belasan Wartawan Lombok Timur menggelar Aksi Solidaritas di Simpang Empat BRI selong, pada Selasa, 22 Juni 2021.


Wartawan Media Online atas nama Mara Salem Harahap atau yang akrab disapa Marsal itu ditemukan tewas bersimbah darah dengan luka tembak di pahanya, pada Jum'at, 18 Juni 2021 lalu, di dalam sebuah mobil miliknya. 


Kordinator Aksi Solidaritas Wartawan Lombok Timur, Syamsurrijal menyampaikan, hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa solidaritas kepada sesama wartawan. Baginya, profesi wartawan itu seperti tubuh, jika satu terluka, maka seluruhnya akan merasakan sakit.


Selain itu, kata Ketua Forum Wartawan Media Online (FWMO) Lombok Timur itu, aksi tersebut juga dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada pihak Aparat Penegak Hukum (APH) dalam mengusut kasus tersebut.


"Kasus ini menjadi tugas berat aparat, namun harus segera diungkap siapa pembunuhnya," ujarnya.


Sebab, kata Rijal sapaan akrabnya, dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, seorang wartawan mendapat perlindungan hukum saat menjalankan tugas profesinya  di lapangan.


Dengan adanya kasus ini, lanjut Riijal, ancaman terhadap profesi wartawan semakin nyata. Apalagi kekerasan  yang dialami oleh wartawan sudah sering kali terjadi.


"Untuk itu kami meminta agar APH segera menuntaskan kasus pembunuhan ini," tutupnya. (SN)


×
Berita Terbaru Update