Notification

×

Iklan

Iklan

Tambah Kerja Sama, BPJS Kesehatan Cabang Selong Lakukan Kredensialing

Thursday, September 16, 2021 | September 16, 2021 WIB Last Updated 2021-09-16T07:05:31Z


 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Dalam upaya menjaga mutu layanan kesehatan kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Selong melakukan kredensialing ke Fasilitas Kesehatan yang akan menjalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan. 


Kredensialing adalah proses penilaian terhadap pemenuhan persyaratan dan kelengkapan sarana prasarana yang telah ditentukan serta komitmen fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.


Petugas Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Selong, I Made Adi Putra Asmara saat melakukan kunjungan Kredentialing ke salah satu rumah sakit yang akan menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan di Kabupaten Lombok Timur, pada Kamis, 16 September 2021 menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan yang harus di penuhi oleh Fasilitas Kesehatan sebelum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan salah satunya adalah kredensialing.


“Tahapan kredensialing adalah dengan memastikan kondisi sebenarnya seluruh sarana prasarana di faskes dengan self asesment yang telah diisi sebelumnya oleh fasilitas kesehatan yang mengajukan kerjasama dan memastikan komitmen pelayanan faskes tersebut apabila nantinya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Adi.


Lebih lanjut Adi menyampaikan bahwa hari ini ia melakukan Kredensialing kepada RSI S Anggoro karena sebelumnya RSI S Anggoro telah mengajukan kerjasama kepada BPJS Kesehatan, yang telah ditindaklanjuti dengan membuat analisa kebutuhan FKRTL.


“Sebelum dilakukan kredensialing harus dilakukan analisa kebutuhan FKRTL apakah di lokasi tersebut masih dibutuhkan penambahan FKRTL atau tidak kemudian ditindaklanjuti dengan pengisian self asessment mengenai kondisi di tempatnya, dan kemudian BPJS Kesehatan melakukan kredensialing untuk memastikan kondisi sebenarnya,” jelas Adi.


Direktur RSI S Anggoro, dr. H. Basirun saat ditemui pada kegiatan Kredensialing menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan BPJS Kesehatan ke lokasinya.


“Terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan Cabang Selong yang telah berkunjung kesini dan melakukan Kredensialing. Hasil dari Kredensialing hari ini menjadi evaluasi dan feedback bagi kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Semoga kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan RSI S Anggoro dapat terjalin, agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik untuk Peserta JKN-KIS,” ujar Basirun. (SN) 

×
Berita Terbaru Update