Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Kata Kapolda Soal Dampak WSBK Bagi Pembangunan di NTB

Tuesday, November 16, 2021 | November 16, 2021 WIB Last Updated 2021-11-16T04:54:30Z

Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal Menghadiri sekaligus sebagai Keynote Speaker Pada acara Dialog Publik yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram

 

Mataram, Selaparangnews.com - Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal Menghadiri sekaligus sebagai Keynote Speaker Pada acara Dialog Publik yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram dengan tema "Meninjau Multiplier Effect Perhelatan WSBK Terhadap Pembangunan NTB" bertempat di sekretariat HMI Cabang Mataram. Senin,15 November 2021.


Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wadir Intelkam Polda NTB, Kabid Pemasaran Dispar Provinsi NTB, Vice President Contruction and SRM ITDC, Ketum HMI Cabang Mataram, Ketum KOHATI HMI Cabang Mataram, Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Cabang Mataram dan Para Peserta Dialog.


Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal membuka dialog tersebut dengan menjelaskan keberhasilannya terkait Penyelesaian lahan di sirkuit Mandalika.


"Penyelesaian lahan di sirkuit mandalika tersebut dilakukan secara bersama demi kesuksesan Provinsi NTB mengusung event Internasional," ujarnya.


Ia mengaku terus mengajak stakeholder terkait untuk menjalin komunikasi dengan baik agar proses penyelesaian lahan tersebut bisa dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan.


Terkait dengan tema yang diusung dalam kegiatan diskusi tersebut, Irjen Iqbal juga mengutip atas apa yang dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ketika melakukan kunjungan kerja di Sirkuit Mandalika bahwasanya perkiraan potensi ekonomi pada pergelaran WSBK dan Moto GP minimal mencapai 500 Milyar.


Iqbal mengatakan bahwa angka tersebut merupakan multiplier effect dari pergelaran WSBK dan MotoGP yang akan digelar di sirkuit Mandalika.


"Angka capaian (500 M) tersebut merupakan Multiplier effect dari pagelaran  yang diperkirakan akan ditonton oleh 130.000 penonton dengan catatan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan serta Potensi penambahan tenaga kerja oleh multiplier effect di Mandalika tersebut hampir mencapai 8000 orang. Artinya Ini suatu keberkahan bagi provinsi NTB," paparnya.


Iqbal pun menambahkan bahwasanya Terjadinya gangguan keamanan 90 persen diakibatkan oleh residu tidak sempurnanya pengelolaan terkait ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.


"Apabila Perkembangan ekonomi dan sosial budaya sudah sempurna, maka gangguan keamanan pasti akan terminimalisir karena teorinya ialah jika Kesejahteraan meningkat, maka gangguan keamanan pasti menurun begitu juga sebaliknya." Ujar iqbal


Di penghujung arahannya, ia mengajak para pemuda agar diskusi ini menghasilkan ide ide yang cerdas serta kritis yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah daerah.


"Selamat berdiskusi, semoga diskusi ini menghasilkan ide-ide yang cerdas dan kritis, agar nantinya hasilnya bisa disampaikan ke pemerintah daerah. Sebab pemikiran para pemuda adalah pemikiran segar, strategis, karena para pemuda adalah generasi muda penerus pembangunan nasional," tutupnya. (SN)

×
Berita Terbaru Update