Notification

×

Iklan

Iklan

Wakili NTB, Siswa SMKN 1 Pringgabaya Sabet Juara Lima LKS Tingkat Nasional

Thursday, November 11, 2021 | November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-11-11T05:11:28Z

Muhammad Zainuddin, salah satu Siswa SMKN 1 Pringgabaya yang meraih peringkat 5 dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional

 

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Salah satu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur bernama Muhammad Zainuddin berhasil meraih peringkat kelima dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Nasional di bidang keahlian Teknik Bangunan yakni Plumbing.


Sebagaimana dijelaskan Amniatul mukaram ST, salah satu Guru SMKN 1 Pringgabaya yang juga merupakan pembimbing Zainuddin selama mengikuti LKS tersebut mengaku bangga dan senang melihat keberhasilan dari salah satu siswa binaannya yang mampu tampil luar biasa sampai meraih Juara Lima di tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan mampu bersaing dengan Provinsi lain.


"Untuk tahun ini termasuk sangat luar biasa dibandingkan dengan pengalaman pada tahun 2019 lalu," ungkapnya saat ditemui kemarin. Kamis, 11/11/2021.


Berangkat dari pengalaman pada tahun 2019 lalu, sambungnya, kesalahan-kesalahan tersebut sudah mampu diatasi dengan baik. Hanya saja, kata dia, yang masih menjadi PR pada tahun berikutnya ialah pada soal pengetesan kebocoran rangkaian.


Sebenarnya, kata Amni, pihaknya sangat yakin Siswa SMKN 1 Pringgabaya akan masuk tiga besar, melihat kemampuan Zainuddin dalam menyelesaikan soal yang pertama sampai ke tiga.


"Saya lihat Zaenuddin masih bersaing di tiga besar karena nilainya, tapi ketika sampai di soal yang terakhir, yakni pada test kebocoran kita kena di sana," tandasnya seraya mengatakan bahwa pada saat latihan berulang kali tidak pernah ada kebocoran pada soal tersebut.




"Ya mungkin karena ini Lomba pasti ada rasa gugup karena mengejar waktu, tapi InsyaAlloh untuk tahun depan, ini akan menjadi PR besar yang harus saya atasi," ujarnya  lagi penuh optimis.


Kendati demikian, lanjut Amni, Zaenuddin sudah bisa dinobatkan meraih predikat skill tingkat dunia karena meraih nilai 500 ke atas yakni 714. Peserta yang meraih nilai itu sudah bisa dinobatkan sebagai peserta dengan skill tingkat dunia dan berhak meraih medali Excellence.


"Excellence itu diberikan kepada Peserta yang tidak memperoleh Medali tapi jika dia berhasil meraih nilai 500 atau lebih peserta tersebut sudah dikategorikan sebagai peserta dengan keahlian tingkat dunia," tuturnya.




Amni berharap siswa yang lain ada yang bisa mengikuti jejak Zaenuddin, bahkan kalau bisa melebihinya untuk Lomba tahun depan.


"Mudah-mudahan untuk tahun depan bakal ada bermunculan lagi bakat-bakat seperti Zaenuddin untuk mewakili NTB di tingkat Nasional dari siswa SMKN 1 Pringgabaya ini," tutupnya. (Izi)

×
Berita Terbaru Update