Notification

×

Iklan

Iklan

LK2T dan KOHATI Selong Gelar Konferensi Perempuan, Ini Yang Dibahas

Saturday, March 26, 2022 | March 26, 2022 WIB Last Updated 2022-03-26T09:04:49Z

Konferensi Perempuan oleh KOHATI Selong dan LK2T

Lombok Timur Selaparangnews.com - Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi (LK2T) bersama Korps HMI wati (KOHATI) cabang Selong melaksanakan konferensi perempuan daerah kabupaten Lombok Timur, di Rupatama 2 kantor Bupati, Sabtu, 26 Maret 2022.


Kegiatan tersebut bagian dari komitmen LK2T dan KOHATI Selong berjuang dalam menekan angka perkawinan anak dan melawan kekerasan seksual terhadap perempuan. 


Menurut Kabid PPA LK2T, Amelia Karunia AK, kasus perkawinan usia anak dan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur di kabupaten Lombok Timur terus menunjukkan peningkatan, bahkan di awal tahun 2022 ini, banyak kasus pelecehan seksual yang tayang di media-media mainstream. 


"Itu perlu diperhatikan dan diatasi secara serius," ucapnya. Sabtu, 26/03/2022.


Karena itu, kata dia, kegiatan konferensi perempuan daerah bagian dari mendukung perjuangan pencegahan perkawinan anak usia dini dan mendukung perjuangan untuk mewujudkan Kabupaten Lombok Timur yang layak anak dan perempuan. 


Sementara itu, Ketua Umum KOHATI Selong, Deby Sulistiyo BRL mengatakan, kasus pelecehan seksual marak terjadi di Lombok Timur. Bahkan kasus tersebut tidak hanya terjadi pada remaja yang berumur di atas 17 tahun melainkan anak SMP, hingga anak SD.


"Kasus ini tentunya tidak hanya dikarenakan oleh pendidikan saja melainkan juga faktor lingkungan. Untuk itu, kami dari Kohati Cabang Selong dan LK2T perlu kerjasama dengan pihak-pihak terkait," ujarnya


Pencegahan Perkawinan usia anak, diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi NTB Nomor 5 Tahun 2021 dan Peraturan Bupati Lombok Timur (Perbup) Nomor 41 tahun 2020.


PERDA dan PERBUP ini diharapkan menjadi reformasi hukum yang cukup penting dalam menekan angka perkawinan anak dan kekerasan seksual di NTB, khususnya Kabupaten Lombok Timur. (SN) 

×
Berita Terbaru Update