Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Sukiman Minta Komitmen Pimpinan OPD Tingkatkan Nilai SAKIP

Thursday, June 30, 2022 | June 30, 2022 WIB Last Updated 2022-06-30T09:44:38Z

HM. Sukiman Azmy, Bupati Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur berupaya meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2022 mendatang.

Karena itu, pada rapat koordinasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi yang berlangsung Rabu kemarin,  Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy meminta komitmen seluruh pimpinan OPD untuk mewujudkannya. Ia menginginkan peningkatan progresif, tidak seperti pada tahun sebelumnya.

Bupati juga menuntut konsistensi yang disebutnya sebagai bagian dari upaya meningkatkan nilai SAKIP dari sebelumnya 54,85 dengan predikat CC atau cukup (memadai) pada tahun 2021 menjadi di atas 61 pada tahun ini. 

Kendati Bupati membaca adanya optimisme berdasarkan hasil review internal oleh Inspektorat Kabupaten Lombok Timur hingga April, akan tetapi ia meminta adanya perhatian khusus terhadap OPD dengan nilai rendah.

Bupati juga mengingatkan tindak lanjut terhadap hasil rekomendasi BPK maupun saran dari BPKP yang harus dilakukan dengan segera. Hal itu juga penting agar progres dapat terlihat. 

Tidak kalah penting, diingatkannya pula progres DAK fisik tahun 2022 yang tahun ini belum terlihat, padahal tahun sebelumnya Lombok Timur berada di peringkat pertama nasional laporan DAK fisik.

Sebelumnya Inspektur Inspektorat Kabupaten Lombok Timur Salmun Rahman menyampaikan optimismenya bahwa perbaikan nilai SAKIP dapat diwujudkan sampai predikat BB atau sangat baik. Optimisme itu didasarkan pada evaluasi internal Inspektorat selama kurun Januari hingga April yang menunjukkan peningkatan.

Disampaikan pula sejumlah rekomendasi Kemenpan RB terhadap SAKIP Lombok Timur, seperti penyempurnaan  terhadap dokumen perencanaan kinerja, juga penyempurnaan terhadap indikator kinerja yang lebih spesifik, relevan, terukur, dan cukup disertai target memadai. 

Rekomendasi lainnya adalah pelaporan kinerja dengan meningkatkan kualitas informasi melalui eksplorasi mendalam terhadap analisis terhadap faktor-faktor pendorong atau penghambat ketercapaian kinerja dan analisis efisiensi.

Rakor SAKIP dan RB ini dihadiri Sekretaris Daerah, kepala Bappeda dan seluruh Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Lombok Timur. (SN) 

×
Berita Terbaru Update