Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Sukiman Cerita Sosok Almagfurlah Maulanasyeikh Saat Hadiri Pengajian Akbar Hultah Madrasah NWDI ke 87 di Anjani

Sunday, August 21, 2022 | August 21, 2022 WIB Last Updated 2022-08-22T01:57:15Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy menghadiri pengajian Akbar Hultah Madrasah NWDI ke 87 di Desa Anjani

Lombok Timur, Selaparagnews.com - Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy menghadiri pengajian akbar Hultah Madrasah NWDI ke – 87 di kompleks Ponpes Syaikh Zainuddin NW di Anjani, Lombok Timur. Minggu, (21/08/2022).

Bupati mengapresiasi seluruh jajaran pengurus besar NW yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut di Lombok Timur. Ia menilai, rangkaian kegiatan tersebut sangat membantu geliat ekonomi masyarakat setempat. Bupati berharap agenda-agenda besar lainnya juga bisa diselenggarakan di daerah ini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengenang masa-masanya menjadi siswa dulu. Ia menyebutkan bahwa suatu ketika, sejumlah tokoh masyarakat Desa Rumbuk, termasuk H. Abdullah yang merupakan orang tua Bupati, menemui Almaghfurullah untuk meminta mengisi pangajian di Rumbuk. 

Almaghfurullah, jelas Bupati, menyanggupinya, tapi dengan syarat mendirikan madrasah.  Para tokoh ini menyanggupi dan menyatakan kesiapan membangun. 

Almaghfurullah lantas memberikan modal. Bupati menyebut Almaghfurullah memiliki keistimewaan, tidak hanya meminta mendirikan madrasah tetapi juga memberikan modal awal untuk pendiriannya. 

“Karena beliau tidak hanya mengisi pengajian tetapi juga memberikan modal untuk mendirikan madrasah. Dan itu terjadi di banyak tempat,” terangnya. 


Ia merinci sejumlah tempat pendidikan yang ada di kabupaten Lombok Timur. Mulai dari TK dan Paud negeri berjumlah 27, dikelola swasta berjumlah 1168, SD negeri berjumlah 664, dikelola swasta berjumlah 106, MI negeri hanya 1, dikelola swasta berjumlah 235, SMP negeri berjumlah 105, dikelola swasta berjumlah 105 Swasta, MTS negeri berjumlah 4, dikelola swasta berjumlah 252, SMA negeri berjumlah 23, dikelola swasta berjumlah 48, SMK negeri berjumlah 9, Swasta berjumlah 88, Madrasah Aliyah negeri berjumlah 3, dikelola swasta berjumlah 169. Sementara perguruan tinggi berjumlah 15.

"Sebagian besar berada di bawah naungan NW. Itu berkat Al Maghfurlah TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid,” tuturnya. 

Oleh karena itu, menurut Bupati tugas para penerusnya sekarang adalah memelihara dan melanjutkan pembinaan terhadap madrasah-madrasah yang sudah diinisiasi oleh TGH. Zainuddin Abdul Majid yang diwariskan saat ini. 

"Mudah-mudahan tetap bisa dibina dan kembangkan agar di Lotim dapat bertambah angka lama sekolah,” pungkasnya. (SN) 



Klarifikasi

Ada beberapa paragraf yang dirubah dari berita ini, terutama terkait kisah yang disampaikan Bupati. Hal itu berdasarkan keterangan dari Bagian Humas dan PKP Lotim bahwa ada kesalahpahaman mengenai isi kisah yang disampaikan Bupati. 

Awalnya beberapa paragraf yang diubah itu berisi tentang sosok Tuan Guru Karismatik bernama Tuan Guru Abdullah. Tapi sebenarnya yang dimaksud Bupati bukan itu, melainkan Almaghfurullah Maulanasyaikh. TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang ditemui oleh sejumlah tokoh Desa Rumbuk untuk meminta Almaghfurullah untuk mengisi pengajian, salah satu tokoh Rumbuk yang menemui Almaghfurullah itu bernama H. Abdullah yang merupakan orang tua Bupati sendiri. 

Kami atas nama redaksi selaparangnews.com meminta maaf atas kesalahan ini. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kami agar lebih hati-hati dalam mengutip berita ke depannya. 


×
Berita Terbaru Update