Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kemenag RI Bakal Bentuk Desa Kerukunan, Lotim Usulkan Dua Desa

Kamis, 25 Agustus 2022 | Agustus 25, 2022 WIB Last Updated 2022-08-25T05:36:44Z

Drs. H. Sirojudin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur

Lombok Timur, Selaparangnews.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. H. Sirojudin mengungkapkan bahwa saat ini Kementerian Agama RI tengah menyusun program Desa Kerukunan di seluruh Kabupaten Kota di Indonesia.

Untuk Lombok Timur, kata dia, ada dua Desa yang sudah diusulkan berdasarkan kriteria yang dibuat oleh Kementerian Agama. "Ada dua desa yang sudah kita usulkan," sebutnya. Kamis, (25/08/2021).

Adapun kriteria Desa yang diusulkan itu ialah Desa-Desa yang butuh penanganan dan Desa yang cukup beragam. "Dari beberapa kriteria Desa itu di antaranya adalah Desa yang butuh penanganan dan Desa yang di dalamnya terdapat banyak aliran," jelasnya. 

Saat ini, lanjut Sirojudin, Dua Desa yang sudah diusulkan itu tinggal menunggu persetujuan Kementerian untuk diberikan SK. "Setelah itu baru digarap," imbuhnya. 

Ia menegaskan bahwa program itu merupakan program Kementerian Agama, sehingga yang akan melakukan semuanya adalah dari pihak kementerian. Kemenag Kabupaten, lanjutnya, bersifat membantu. "Penganggaran dan konsepnya, semuanya dari Pusat, kita di sini hanya ikut menjalankan," ucapnya. 

Desa Kerukunan yang bakal dibentuk Kementerian Agama RI itu, kata H. Sirojudin, diharapkan menjadi Desa percontohan bagi Desa-Desa lain terkait pola kehidupan sosial yang baik di tingkat Desa.

"Jadi nanti kalau ada yang bertanya bagaimana membangun kerukunan, tinggal kita bawa ke Desa itu," pungkasnya. (Yns). 

×
Berita Terbaru Update