Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelang Tahun Politik, Bupati Sukiman Minta ASN Jaga Netralitas

Wednesday, November 30, 2022 | November 30, 2022 WIB Last Updated 2022-11-30T14:32:06Z

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT KORPRI, PGRI dan DWP di Halaman Kantor Bupati

SELAPARANGNEWS.COM - Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy meminta supaya Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas menjelang tahun politik tahun 2024.


Hal itu disampaikan Bupati saat menjadi Inspektur Upacara puncak peringatan hari jadi KORPRI, PGRI dan DWP Senin lalu, 28 November 2022 di halaman kantor Bupati. 


Saat ini, kata Bupati, anggota Korpri sudah mencapai 4,2 juta yang tersebar luas dari pusat, daerah, hingga luar negeri, memiliki peran strategis. Dukungan anggota KORPRI dinilai sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa.


Tema peringatan HUT Korpri tahun 2022 yaitu "Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri" mengajak anggota Korpri di seluruh Indonesia meningkatkan kinerja, terutama di bidang pelayanan publik. 


Selain itu diharapkan pula agar meningkatkan integritas dan profesionalisme, juga menguatkan fungsi organisasi KORPRI sebagai perekat pemersatu bangsa guna mendukung pembangunan nasional dan meningkatkan kepedulian sosial.


”Tak kalah penting terkait netralitas ASN harus dijaga,” tambahnya. 


Terlebih menjelang tahun politik. Bupati mengingatkan agar tidak terlibat dalam hiruk-pikuk politik, mengingat tugas utama ASN adalah melayani masyarakat dengan baik.


Sementara kepada PGRI yang disebutnya telah tumbuh menjadi kekuatan moral intelektual, Bupati meminta untuk mengedepankan sikap terbuka, memegang teguh etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri, unitaristik, dan non partisan.


Ditambahkannya, guru merupakan aktor utama yang memainkan peran penting pada berbagai episode pendidikan. 


Ia menekankan bahwa kedudukan terhormat yang dimiliki pejabat lembaga legislatif maupun eksekutif tidak terlepas dari peran dan jasa guru. 


”Guru adalah suluh bangsa terbaik yang menjadikan penerang agar anak bangsa terus berjalan sesuai arah meraih segala asa dan cita,” ujarnya.


Untuk itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru, pendidik, tenaga kependidikan, juga guru honorer yang telah mengisi kekosongan formasi guru dan mengajar dengan sepenuh hati. 


”Tanpa dedikasi mereka, proses pembelajaran di sekolah akan terhambat karena belum tercukupinya jumlah guru," kata Bupati Sukiman. 


Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada DWP kabupaten Lombok Timur yang telah mencurahkan waktu dan tenaga serta pemikirannya memperkuat berbagai program Pemerintah melalui sejumlah kegiatan seperti: Wanita Prenatal cegah risiko datang anak stunting (DWP Cerdas). 


Program yang berisi pemberian pendidikan gizi, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronis (KEK) serta bibit tanaman tersebut dinilai Bupati tepat mendukung upaya pencegahan stunting guna meningkatkan kualitas SDM Lombok Timur.


Pada akhirnya Bupati berharap ketiga organisasi itu dapat menciptakan masyarakat Lombok Timur yang adil, sejahtera dan aman, serta dapat menjadi contoh bagi organisasi lainnya.


Pada upacara yang berlangsung di halaman kantor Bupati itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis keputusan presiden RI tentang penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada Pahrudin, S.Pd. menerima anugerah Satyalencana Karya Satya 30 Tahun, Hj. Rohimah, S.Pd., M.Pd menerima anugerah Satyalencana Karya Satya 20 Tahun, Lalu Hasanudin, AM.KL. menerima anugerah Satyalencana Karya Satya 30 Tahun, dan Ali Hasan Sadri, A.Md.Kep. menerima anugerah Satyalencana Karya Satya 30 Tahun.


Pada upacara tersebut dilakukan penyerahan penghargaan sekolah penggerak angkatan pertma Kabupaten Lombok Timur. 


Selain itu diberikan pula penghargaan kepada Tim Penggerak PKK, DWP, Camat Keruak, Camat Lenek, Camat Sakra Barat, Kepala Puskesmas Sakra, Kepala Puskesmas Montong Betok, Kades Labuhan Lombok, Kades Tete Batu Selatan, Kades Tanak Kaken, Pimpinan Ponpes As-Sunnah Bagik Nyaka, Bale Mangrove Jerowaru, Petugas Gizi Puskesmas Sembalun, Petugas Gizi Puskesmas Batuyang, dan Petugas Gizi Puskesmas Pringgasela.


Terakhir dibacakan juga hasil lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi NTB serta sejumlah lomba yang digelar sebagai rangkaian HUT PGRI tingkat Kabupaten Lombok Timur. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update