Notification

×

Iklan

Iklan

Dikbud NTB Adakan Sosialisasi Revitalisasi SMK: Informasi Positif Harus Sampai ke Masyarakat

Thursday, January 19, 2023 | January 19, 2023 WIB Last Updated 2023-01-19T00:42:57Z

Sosialisasi Revitalisasi SMK oleh Dikbud NTB di Puri Saron Hotel Senggigi, Lombok Barat

SELAPARANGNEWS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIKBUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gelar acara sosialisasi Revitalisasi SMK yang meliputi BKK, LSP, Kelas Wirausaha atau Star-up, Penyelarasan IDUKA, Link & Match dan Wisata Belajar.


Acara yang berlangsung Rabu, 18 Januari 2023, di Puri Saron, Senggigi, Lombok Barat tersebut dibuka Kepala Dinas Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqon. 


Dalam sambutannya, Aidy Furqon menyampaikan beberapa capaian Dikbud NTB selama 3 tahun terakhir serta beberapa inovasi yang akan dikerjakan pada tahun 2023 ini. 


"Jadi acara ini adalah acara diskusi untuk menguatkan kolaborasi untuk bersama-sama memajukan dunia pendidikan di Nusa Tenggara Barat," ucapnya. Kamis, (19/01/2023). 


Ia mengharapkan informasi Positif harus sampai kepada masyarakat tentang program-program yang telah dilakukan oleh Dikbud NTB. Namun Ia menegaskan bahwa Dikbud NTB tidak anti kritik, namun tentunya yang bersifat membangun.


"Karena NTB ini milik kita bersama dan Program Pendidikan ini untuk anak cucu kita, dan masyarkat harus tahu apa yang sudah kita lakukan dan apa yang sudah kita capai,"harapnya.


Ada beberapa Program unggulan yang sedang berjalan di Dikbud NTB untuk memperkuat kelembagaan dalam bentuk penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) antar beberapa instansi Pemerintah salah satunya Dikbud Jawa barat.


"Kenapa kita pilih Jawa Barat, karena merupakan barometer, baik dari segi penduduk, jumlah anggaran dan beberapa keunggulan lainnya," jelasnya.


Ia juga menjelaskan ada 3 tugas utamanya sebagai Kepala Dinas Dikbud sesuai dengan Perda No 7 Tahun 2018 yakni layanan akses yang berkeadilan, meningkatkan mutu dan daya saing, serta meningkatkan peran serta masyarakat. 


"Keterjangkauan itu maksudnya pendidikan itu tidak mahal," ujarnya.


Kemudian ketersediaan, merupakan langkah Dikbud untuk memberikan sarana dan fasilitas belajar bagi para siswa. Seperti pembangunan gedung praktek bagi SMK yang ada di NTB, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022.


"Termasuk ketersediaan tenaga dan beberapa alat penunjang lainnya," Jelasnya.


Dan tugas Ke dua, bermutu dan berdaya saing, sehingga untuk menjawab semua itu tentu perlu adanya perubahan tata kelola di dunia pendidikan ini, diantaranya adalah melakukan revitalisasi atau penataan ulang.


"Kalau kita tidak tata tidak akan bergerak-gerak dunia pendidikan ini," ucapnya.


Dan yang terakhir sambungnya, peran serta masyarkat, baik masyarakat industri, dan beberapa masyarkat lainnya, tentunya dengan profesi masing-masing, sehingga di dua tahun terakhir ini Dikbud NTB sudah menjalankan program guru tamu.


"Terima kasih buat teman-teman yang sudah mengambil bagian di dunia pendidikan," pungkasnya. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update