Notification

×

Iklan

Iklan

Menhan RI Prabowo Subianto Sapa Warga Desa Gunung Malang Lotim Lewat Video Conference

Wednesday, February 15, 2023 | February 15, 2023 WIB Last Updated 2023-02-15T12:31:50Z

Plt. Kades Gunung Malang Muhammad Hafifudin saat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Pertahanan RI atas bantuan Sumur Bor yang diberikan

SELAPARANGNEWS.COM - Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto dijadwalkan hadir di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur saat melakukan kunjungan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu, 15 Februari 2023.


Namun, lantaran kendala teknis, kedatangan Prabowo Subianto untuk mengunjungi pengolahan air laut menjadi air tawar di Desa Gunung Malang tidak jadi dilakukan. 

Kendati demikian, Prabowo tetap menyapa ratusan masyarakat Patuh Karya dan tamu undangan yang hadir melalui video conference (vicon).

Pada kesempatan itu Prabowo meminta masyarakat untuk menjaga bantuan penyulingan air laut menjadi air tawar di Desa Gunung Malang. Proyek penyulingan air ini merupakan bantuan Kementerian Pertahanan. 

Terkait hal tersebut, Prabowo Subianto mengemukakan bahwa masalah air bersih menjadi salah satu perhatian serius bagi pemerintah pusat. Terutama dalam mewujudkan kebutuhan masyarakat khususnya di pesisir pantai, maka dilakukan penyulingan air. 

"Tugas kita adalah bagaimana kebutuhan dasar masyarakat bisa terpenuhi. Alhamdulillah masyarakat di Desa Gunung Malang ini mendapatkan bantuan penyulingan air laut menjadi air tawar yang layak diminum dari Kementerian Pertahanan," terang Prabowo. 



Adapun teknologi yang diterapkan pada penyulingan air bersih ini dengan membuat sumur di pesisir laut serta disediakan bak penampungan air. Tim yang dibentuk Kemenhan sudah melakukan kajian terlebih dahulu terhadap titik-titik mata air. 

"Mesin penggerak pompa air penyulingan ini cukup besar. Sangat efisien dengan konsep yang diterapkan berdasarkan kajian dari tim yang kita terjunkan di lapangan," ujarnya.

Pelaksanaan pembangunan teknologi penyulingan air laut menjadi tawar juga diterapkan di beberapa daerah lainnya di Indonesia, termasuk di NTB. Sehingga ke depan tidak ada lagi masyarakat di Indonesia yang mengalami kesulitan akan kebutuhan air bersih yang layak dikonsumsi. 

"Maka tugas kita sekarang adalah mencari sumber-sumber air yang bisa digali, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saya selaku Menhan RI akan terus memperjuangkan kebutuhan masyarakat akan air bersih," tegasnya. 

Bupati Lotim, HH Sukiman Azmy, yang hadir langsung di Desa Gunung Malang mengaku bersyukur atas kepedulian Menhan RI dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Pemda Lotim berjanji akan tetap mengingatkan masyarakat untuk menjaga segala jenis bantuan yang disalurkan pemerintah pusat kepada masyarakat di Kabupaten Lotim. 

"Alhamdulillah bantuan air bersih ini begitu berharga bagi kami. Manfaatnya sangat kami rasakan, terutama oleh masyarakat," ujarnya. 

Hadir pada peninjauan ini, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, Danrem 162 WB Dandim 1615 Lotim, Letkol Inf M Said, Kapolres Lotim, Kepala Dinas PUPR NTB dan Lotim, pejabat dari Kejari Lotim, sejumlah kepala desa dan ratusan masyarakat setempat. (SN) 
×
Berita Terbaru Update